Pengen Jalan-jalan Terus? Lakukan 7 Hal Ini Supaya Sehat!

Hollaa gaiiis,

Siapa nih yang pengen bisa jalan-jalan terus? Coba deh, lakukan 7 hal ini! Bagi orang-orang yang doyan jalan-jalan kayak aku, saat pandemi begini jadi masa paling membosankan ya? Apa sebabnya? Ya, karena kita disarankan untuk tetap tinggal di rumah saja. Nggak pa-pa lah ya, demi kebaikan kita juga kan. 

Selama 7 bulan lebih, kita semua otomatis hanya tinggal di rumah saja. Buat aku yang biasa kerja sambil jalan-jalan, berdiam diri di rumah saja cukup membuatku bosan. Aku yang tahun ini harusnya tour ke beberapa kota harus gigit jari, karena semua event yang harusnya aku datangi harus cancel. 

Pandemi ini mau tidak mau harus kita jalani, sambil terus berikhtiar agar pandemi bisa segera selesai. Meski di rumah saja, harus tetap semangat dong menjalani hidup. Pandemi ini membuat pekerjaanku sebagai ibu rumah tangga bertambah yaitu jadi guru buat anak-anakku yang mengikuti PJJ atau pembelajaran jarak jauh. 

Selain itu, aku juga harus tetap menjaga kesehatan mereka dengan memberikan asupan yang bergizi serta menjaga suasana agar mood mereka tetap terjaga. Dengan begitu, anak-anak akan tetap semangat meski harus sekolah dari rumah. 

Gimana sih caranya menjaga kondisi agar badan dan pikiran tetap sehat, meskipun di rumah saja? Nah, aku punya rahasianya nih. Simak ya!

Hindari Stress

Saat kita merasa stres, semua sistem dalam tubuh kita akan meresponnya dengan cara yang berbeda-beda. Stres yang bersifat kronis dapat berdampak pada kesehatan kita secara keseluruhan. Nah, karena itu, berusahalah sebisa mungkin untuk mengurangi atau bahkan menghindari segala hal yang bisa membuat kita stres.

Berhenti sebentar dari aktivitas yang sedang kita kerjakan adalah hal lumrah. Ketika kita sedang merasa tertekan, cobalah untuk menepi sebentar di tempat yang sepi. Tenangkan diri kita sambil mengambil napas dalam-dalam dan embuskan secara perlahan.

Lakukan hal tersebut berulang kali sampai kita merasa lebih rileks. Mengambil napas dalam-dalam sendiri telah terbukti menurunkan kadar kortisol, yang dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan.

Pilih Makanan dengan Bijak

Apa yang Anda makan tentu akan memengaruhi bagaimana tubuh kita bekerja. Oleh sebabnya, penting untuk memerhatikan setiap makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Pastikan kalau makanan dalam piring kita memenuhi prinsip gizi seimbang, yang mencangkup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik. Jangan hanya bergantung dengan satu jenis makanan pokok saja. Kita bisa mengganti makanan pokok dengan jagung, ubi, atau kentang. Jadi, nggak harus nasi terus.

Perhatikan pula porsi makan kita. Memerhatikan porsi makan sangatlah penting untuk mencegah kita mengalami kegemukan dan terserang berbagai penyakit kronis. Ingat, apapun yang berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh.

Selain memilah makanan yang akan dikonsumsi, kita juga harus bijak dalam mengolahnya. Hindari mengolah makanan dengan cara digoreng. Kita bisa mengolah makanan dengan cara yang lebih sehat, seperti direbus, dikukus, atau ditumis.

Sempatkan untuk Berolahraga

Olahraga tidak harus jogging atau pergi ke gym. Kita bisa melakukan berbagai jenis olahraga yang memang kita sukai. Jika kita suka bersepeda atau berenang, nggak usah ragu untuk melakukannya. Begitu pula jika hanya menyukai jalan santai. Kuncinya satu, buatlah tubuh kita aktif bergerak setiap hari.

Dengan aktif bergerak, tubuh kita akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap di tubuh. Lebih dari itu, hal ini juga dapat membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat. Tak heran jika setelah olahraga atau melakukan aktivitas fisik kita jadi merasa lebih bugar.

Terkadang dengan perubahan kecil dalam rutinitas sehari-hari bisa membantu kita menjadi lebih aktif berolahraga

Minum Cukup Air Putih

Sekitar 60 persen dari komposisi tubuh kita adalah air. Tetapi, setiap hari cairan dalam tubuh akan terus berkurang lewat keringat, urin, dan bahkan setiap kali kita bernapas. Inilah mengapa, penting bagi kita untuk memastikan bahwa kebutuhan cairan kita terpenuhi setiap hari.

Lebih jauh, memastikan bahwa asupan cairan kita terpenuhi dengan baik tidak hanya mencegah dehidrasi saja, tapi juga jadi cara ampuh bagi kita agar tidak mengonsumsi minuman manis.

Kemudian, cobalah bawa botol minum sendiri ke mana pun kita pergi. Masukkan botol tersebut dalam tas, sehingga kita tidak akan lupa membawanya ke mana-mana. Selain itu, sediakan juga air minum di meja kerja atau di kamar tidur.

Cukup Tidur

Rajin olahraga dan makan makanan yang bernutrisi tinggi akan berakhir sia-sia kalau kita  tidak cukup tidur. Menurut Cheri Mah, seorang pakar masalah gangguan tidur di Stanford University tidur adalah kebutuhan paling mendasar untuk menuju pola hidup sehat.

Tidur menjadi sebuah fondasi di mana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Jika fondasi ini goyah, tentunya akan berdampak pada kesehatan kita. Mulai dari fungsi kekebalan tubuh, energi, selera makan, suasana hati hingga berat badan kita.

Menurut penelitian, durasi tidur yang ideal bagi orang dewasa sekitar 7-9 jam per malam. Aku pun sekarang hampir tidak pernah begadang lagi. Inget umur lah, ya. 

Penuhi Kebutuhan Gizi


Menerapkan pola hidup sehat, termasuk pengaturan pola makan yang sehat, sebenarnya tidak sulit. Kita semua tahu bahwa makanan sehat mengandung berbagai nutrisi yang penting untuk tubuh, tetapi tentu saja jumlah dan jenisnya tetap perlu disesuaikan dengan kebutuhan. Tubuh yang mendapatkan cukup nutrisi dapat berfungsi secara optimal, sehingga memungkinkan kita untuk beraktivitas dengan baik. 

Biasakan mengawali hari dengan sarapan, sebelum memulai aktivitas. Pilih sarapan dengan gizi seimbang, yaitu cukup protein, karbohidrat, serat, serta rendah lemak dan gula. Contoh sarapan yang baik adalah nasi dengan telur rebus atau telur dadar dan sayur. Boleh ditambah dengan tahu atau tempe. Bisa juga sarapan dengan roti gandum berisi telur dan selada dan segelas susu. 

Sejak kecil bisa dibilang aku adalah anak sapi, karena dalam sehari bisa minum susu lebih dari 6 kali sehari. Untung orangtuaku dulu sanggup membeli susu buatku. Sekarang pun aku masih mengonsumsi susu dancow untuk dewasa loh, tapi nggak sebanyak waktu kecil dulu. Kebutuhan susu untuk orang dewasa kan beda dengan kebutuhan anak-anak. 

Sempitnya waktu di pagi hari menyebabkan banyak dari kita melewatkan waktu sarapan, atau mengonsumsi makanan instan dan makanan yang tidak seimbang nilai gizinya. Yuk ah, mulai jaga kesehatan dengan melakukan 7 langkah sederhana ini. pengen bisa jalan-jalan terus, kaan? Makanya lakukan pola hidup sehat ini supaya sehat terus.  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar