Lebih Baik Mana, Beli atau Rental Genset?



Generator set atau genset termasuk salah satu perangkat penting untuk sebuah tempat usaha. Baik berupa toko, hotel, bengkel, perusahaan, maupun pabrik. Sebab, keberlangsungan usaha dari tempat tersebut sangat bergantung pada pasokan listrik. 

Sayangnya, listrik tidak disuplai secara perorangan, melainkan langsung dari pihak PLN. Oleh karena itu, tempat usaha sebaiknya memiliki genset, baik dengan cara membeli maupun rental genset murah. Namun, bagaimana cara memilih genset yang tepat?

1. Penyesuaian Daya
Seperti yang sudah diketahui, tempat usaha memiliki banyak peralatan yang memerlukan tenaga listrik. Pastikan genset dapat menopang kebutuhan tersebut, agar tidak terjadi kerusakan. Oleh karena itu, lakukan penghitungan daya terlebih dahulu dan sesuaikan dengan genset yang ada di pasaran. Agar tidak terjadi kesalahan, lakukan hitung daya bersama orang yang paham dengan dunia kelistrikan.

2. Tipe Genset yang Sesuai
Untuk genset yang berfungsi sebagai pengganti daya listrik sementara, dibedakan ke dalam dua jenis, yaitu tipe silent dan tipe open. Tipe silent sangat cocok digunakan untuk skala perumahan, dan sejenisnya. Sedangkan tipe open digunakan untuk skala perusahaan, pabrik, ataupun industri pertambangan.

3. Sparepart Mudah Didapat
Generator tidak berdiri sendiri, melainkan ada banyak komponen yang bekerja. Cepat atau lambat mungkin akan mengalami kerusakan, apalagi jika sering dipakai. Oleh karena itu, pastikan membeli genset yang sparepartnya mudah didapatkan. Sehingga dapat diperbaiki dengan cepat tanpa harus inden terlebih dahulu.

4. Mekanik yang Andal
Sama seperti peralatan yang lain, genset pun butuh perawatan. Baik untuk membersihkan, memanasi, atau memperbaiki genset jika ada yang rusak. Jangan asal pilih, pastikan mekanik tersebut sudah andal dan benar-benar paham tentang mesin. 

Lantas, lebih baik mana antara membeli atau rental genset?
Membeli memang baik, karena hak kepemilikan genset sepenuhnya menjadi aset perusahaan. Namun, butuh modal yang sangat besar, karena harganya yang mencapai ratusan juta rupiah. Belum lagi biaya pemeliharaan, mekanik, sparepart, dan lain sebagainya. Hal ini juga harus dipertimbangkan sejak awal. 

Alangkah lebih baik dan praktis, jika menggunakan jasa penyedia rental genset murah, seperti Sewatama. Semua hal di atas bisa diselesaikan dalam satu tempat. Sebab, Sewatama sudah memiliki jam terbang tinggi sebagai penyedia genset rental. Hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah pelanggan yang sudah memercayakan perusahaannya di tangan Sewatama. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar