5 Tempat Wisata di Labuan Bajo yang Membuatku Ingin Kembali

Dokpri. Pulau Kelor, Komodo National Park

Kalo ditanya tentang destinasi wisata yang pernah dikunjungi dan paling berkesan, pasti langsung kujawab Labuan Bajo. Apalagi ada 5 tempat wisata di Labuan Bajo yang membuatku ingin kembali. Ibarat kata, bisa berkunjung ke Labuan Bajo adalah mimpi yang menjadi nyata. Yaps, tahun lalu menjadi tahun keberuntunganku karena salah satu impianku terwujud. Nggak pernah aku bayangkan sebelumnya kalo aku bakalan bisa sampai juga ke Labuan Bajo.

Baca juga : Tiga Hari Dua Malam Penuh Kesan Bersama Insto Di Labuan Bajo

Aku beruntung dapat kesempatan bekerja sekaligus liburan ke destinasi wisata yang menjadi favorit wisatawan baik domestik maupun mancanegara ini. Selama tiga hari dua malam aku dan beberapa teman "live on board" diatas kapal dan berkeliling di kawasan Komodo National Park. Snorkeling di Pulau Kelor dan Pantai Pink, trekking dan melihat keindahan Pulau Padar yang legendaris, serta melihat komodo secara langsung di habitatnya yaitu di Pulau Komodo.

Dokpri. Bertemu kokok si komodo di Pulau Komodo

Tiga hari dua malam berlalu begitu cepat. Belum puas rasanya aku dan teman-teman mengeksplor kawasan Komodo National Park. Belum semua tempat bisa dikunjungi karena keterbatasan waktu. Itulah yang jadi salah satu alasanku untuk kembali kesana. Ke Labuan Bajo.

Ada 5 tempat wisata di Labuan Bajo yang pengen banget aku kunjungi. Bisa dibilang 5 tempat inilah yang menjadi alasanku ingin kembali kesana. 

Taka Makassar (Manta Point)

Komodo National Park merupakan jalur migrasi berbagai biota laut, salah satunya adalah Pari Manta. Point Manta atau yang sering disebut Taka Makassar ini terletak di perairan dekat Pulau Komodo. Kita bisa menyelam atau snorkeling untuk melihat kumpulan pari manta yang bermain-main. Tapi kita musti berhati-hati ya, karena arus di point manta kabarnya cukup kencang. Jangan harap bisa ketemu pari manta saat kondisi cuaca sedang tidak baik. Selain pari manta, Taka Makassar juga memiliki area softcoral yang cukup indah. Jadi kita bisa sekalian melihat biota laut lain, kan. 

Pulau Padar

Dokpri. Pulau Padar

Pulau Padar termasuk pulau yang juga paling ingin aku kunjungi. Meskipun aku pernah kesana tapi aku belum sempat mengeksplor pantai-pantai yang ada di sekitarnya. Pulau ini merupakan pulau terbesar ketiga di kawasan Komodo National Park. Pulau Padar terletak diantara pulau Komodo dan Pulau Rinca. Trekking di Pulau Padar cukup menantang dengan kontur pulaunya yang cukup menawan. Sekarang sih, wisatawan cukup terbantu dengan adanya tangga yang dibangun oleh penduduk setempat. Di puncak Padar, kita dimanjakan dengan panorama tiga pantai dengan warna pasir berbeda yaitu putih, pink, dan hitam.

Pulau Rinca

Menurut tour guide yang pernah menemani perjalananku dan teman-teman waktu itu, Pulau Rinca terletak tak jauh dari Pulau Komodo. Bila Pulau Komodo didominasi dengan hutan, maka di Pulau Rinca didominasi oleh padang savana. Makanya, banyak wisatawan yang lebih memilih Pulau Rinca untuk didatangi. Padahal katanya, komodo yang ada di Pulau Rinca lebih agresif loh dibanding dengan komodo yang ada di Pulau Komodo. Tapi aku masih penasaran banget, pengen bisa ke Pulau Rinca.

Gili Laba

Dok. om Cumi Lebay (cumilebay.com)


Gili Laba adalah selat pertemuan antara dua pulau yaitu Gili Laba Darat dan Gili Laba Laut. Gili Laba ini tak hanya menjadi spot menyelam tetapi juga biasa digunakan sebagai spot view sunrise dan sunset. Mau trekking juga bisa, karena kabarnya begitu kita sampai di puncak bukit, mata kita akan dimanjakan dengan panorama yang sangat indah. Aaaah, tak sabar rasanya ingin kesana.

Goa Batu Cermin

Aku pernah melihat liputan mengenai Goa Batu Cermin ini di sebuah tayangan televisi. Pertama melihatnya, aku langsung memasukkannya ke dalam destinasi wisata impianku. Letak goa batu cermin ini tak begitu jauh dari Labuan Bajo. Dinamakan goa batu cermin karena sinar matahari yang masuk ke dalam gua melalui lubang memantul di dinding batu yang seolah-olah di dalam gua seperti sebuah cermin. Gua sepanjang sekitar 200 meter memiliki banyak lorong dan dipenuhi dengan aneka rupa stalagtit dan stalagmit yang masih terpelihara dengan baik. Selain itu disana ditemukan juga fosil hewan laut yang menempel di beberapa bagian gua seperti fosil terumbu karang, ikan dan penyu. Makin penasaran kan jadinya.

Bagi kalian yang sudah pernah menjelajah Labuan Bajo dan sekitarnya pasti setuju dengan wishlistku. Labuan Bajo pasti bikin selalu ingin kembali.

Saking pengennya aku kembali ke Labuan Bajo, sampai-sampai aku cari tahu harga tiket di beberapa website pemesanan tiket online. Siapa tahu ada tiket promo, kan.

Lalu aku menemukan Skyscanner.


Skyscanner merupakan sebuah website atau portal pencarian tiket pesawat terbang ke berbagai tujuan dan berbagai maskapai yang dijual agen-agen pesawat online yang terdaftar di database skyscanner. Setelah kubuka, ternyata Skyscanner berbeda dengan aplikasi pemesanan tiket online (online travel agent) lainnya. Kalo online travel agent kan sebagai perantara antara konsumen dengan penyedia jasa transportasi atau akomodasi, sedangkan Skyscanner lebih kepada sebuah mesin pencarian tiket atau akomodasi yang akan mencari tiket ke berbagai sumber. Jadi, Skyscanner akan mencarikan tiket dengan beberapa pilihan. Mau yang terbaik, termurah atau tercepat. Kita bisa bandingkan dan pilih mana yang pas bagi kita.


Sewaktu pergi ke Labuan Bajo beberapa waktu lalu, panitia menyediakan tiket serta akomodasi yang sangat memadai. Mulai dari tiket pesawat hingga tempat menginap. Perjalanan menuju Labuan Bajo cukup panjang, jadi kami semua diberi fasilitas pesawat yang kredibel dan nyaman.

Dokpri. Tiket yang masih kusimpan sebagai kenang-kenangan (halagh)
Dokpri. Sesaat sebelum take of menuju Labuan Bajo

Dengan pertimbangan kenyamanan, pelayanan dan ketepatan waktu dalam perjalanan, makanya aku putuskan untuk mencari tiket pesawat Garuda Indonesia

Skyscanner tak hanya menyediakan pencarian tiket pesawat tetapi juga hotel dan persewaan mobil. Ibarat kata, sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui. Sekali buka Skyscanner, kita sudah bisa cari tiket pesawat, hotel sekaligus sewa mobil. Selain mudah, kita bisa hemat waktu dan tenaga juga, kan.

Selain fitur pencarian tiket pesawat, hotel maupun sewa mobil, Skyscanner juga memiliki fitur yang tak kalah asik yaitu fitur "ke mana saja". Saat kita nggak ada ide mau traveling kemana tetapi rasa hati ingin pergi, kita bisa coba fitur ini. Skyscanner akan memberikan banyak pilihan traveling ke banyak negara dengan harga tiket termurah secara acak. Coba aja, pasti kalian akan kebingungan mau pilih destinasi traveling yang mana.


Skyscanner ini memiliki banyak partner hampir di seluruh dunia, jadi kalian bisa terbang kemana saja dan kapan saja dengan mudah. Oh iya, kalo kita nggak langsung memilih tiket, kita bisa mengaktifkan fitur price alert, jadi sewaktu-waktu ada perubahan harga tiket pada destinasi dan tanggal yang kita inginkan, Skyscanner akan mengirimkannya ke email kita. Kalo harga tiket pesawat itu masih dirasa mahal, kita tinggal tunggu aja email pemberitahuan berikutnya. Siapa tahu bisa lebih murah lagi, kan.

Buat kalian yang sering traveling, bisa juga melongok fitur month view dan daily view untuk mengetahui rangkuman harga tiket pesawat murah yang sesuai dengan keinginan dalam jangka waktu yang kita tentukan sendiri. Mau bulanan atau harian. Suka-suka kita, deh.

Skyscanner memungkinkan kita untuk mencari tiket pesawat murah tanpa harus membanding-bandingkan harga tiket dari online travel agent satu ke online travel agent lain. Bebaskan dirimu, rencanakan liburanmu bersama Skyscanner.

Aaah, jadi nggak sabar pengen mengeksplor Labuan Bajo lagi.


20 komentar:

  1. Seru banget sepertinya di labuan bajo 😍😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru banget dek, makanya aku pengen bisa kesana lagi

      Hapus
  2. Semoga tahun ini terealisasi bisa berkunjung ke satu destinasi di luar pulau Jawa. Seneng dehh liat Mba Ika...semangatnya nulariin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga bisa keluar Jawa lagi. Bareng yuk

      Hapus
  3. Labuan Bajooo aku pengeeen ntar deh kalo wis lairan n anaknya wis gedean hihi. Thifa pasti seneng banget poto ama komodo 😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, paling asik ngajak anak kalo mereka udah gede2...nggak usah gendong2 lagi, hihi

      Hapus
  4. Labuan Bajo...duh aku pengen liburan ke Labuan Bajo juga kayak mbak Ika. Review tentang Skyscanner lengkap dan informatif. Nice sharing mbak Ika.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa ke Labuan Bajo juga suatu hari ya Farida

      Hapus
  5. Aku pengen ke sanaaaa..huhuhu... Tiketnya mahal juga yaa.. harus nabung berapa buat ber-4 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo berempat butuh duit 30 jutaan, haha. Nabung duluuu

      Hapus
  6. Kalo ke.Labuan Bajo tuh pengennya cuma duduk melamun di tepi pantai. Lautnya tenang gitu, pasti jadi ngantuk, hahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...asik banget tuh, melamun di pinggir pantai yang tenang. Paling cocok di Pulau Kelor tuh, airnya tenang bangeeet

      Hapus
  7. Uuuh..makin ingiiiin ke Labuan Bajo...

    BalasHapus
  8. tolong ajak aku kesana kaaaak.. huhuhuhu ini wishlist yang kagak kesampaian mulu dari kapan tau.. hiks.. why oh why aku baca postingan iniiih hahahhaah jadi kepengen cuti lagi kaaan hahahah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayok ayok Mamiiih....kita ke Labuan Bajo bareng, yuuuuk

      Hapus
  9. Pingin poto ama komodo ..aaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran nih, pengen foto sama komodo doang?

      Hapus
  10. Cakep banget mbaakkk pemandangan labuan bajooo. Makanya jadi wisata favorit dan terkenal pulak. Jd makin pgn kesana. Doain ya mbk ika. Biar bisa ketemu si kokok juga. Ahay

    BalasHapus
  11. Masya Allah...
    kalau disuruh pilih gitu pasti saya bingung nih, soalnya amazing semua :D

    BalasHapus