Mengulang Kenangan Masa Lalu di Malang



Mengulang kenangan masa lalu di Malang. Waduh, judulnya agak-agak gimana gitu ya. Sebenarnya ini semacam kode sih, karena sudah hampir 20 tahun aku belum pernah ke Malang lagi. Kalo 20 tahun lalu hampir tiap pekan aku "melarikan diri" ke Malang, kini hanya bisa gigit jari tiap ada teman yang pergi liburan ke Malang.

Dulu, Malang emang jadi tempat pelarian yang asik buat melepas stress. Apalagi buat pekerja kantoran yang tiap hari harus berhadapan dengan data dan angka-angka kayak aku. Jalan-jalan ke Malang yang memiliki udara sejuk dan panorama alam yang indah mampu membuat badan dan pikiran fresh kembali.

Malang 20 tahun lalu jelas beda banget dengan Malang sekarang. Makin banyak tempat-tempat wisata yang rekomended untuk dijadikan sebagai destinasi liburan. Mau wisata alam, wisata kekinian atau wisata kuliner, Malang tempatnya.

Padahal dulu, tiap pergi ke Malang pasti datangnya ke tempat yang sama. Ngadem di Selecta, jalan-jalan di kebun apel, makan bakso president lalu ke mampir ke pos ketan legenda. Hmm...jadi makin kangen, kan.

Entah sudah berapa kali teman-teman ngajakin jalan ke Malang. Bahkan rencananya udah sejak tahun lalu. Dasar belum jodoh dan belum ada waktu, rencana jalan-jalan ke Malang selalu tertunda.

Tahun ini rencana liburan ke Malang nggak boleh gagal lagi. Mungkin aku akan memanfaatkan momen libur lebaran tahun ini untuk kesana bersama keluarga. Jadi bisa punya waktu lebih lama untuk mengeksplor Malang.

Asik juga kali ya, kalo ambil paket liburan ke Malang sambil mengenang masa ketika masih single dulu bersama  anak dan suami.

Ada beberapa tempat yang masuk dalam daftar tujuan wisataku di Malang, termasuk wisata kulinernya, diantaranya :

Museum Angkut 

Pict by citymagz.net

Liburan di Malang jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke Museum Angkut. Di tempat ini kita bisa memperoleh informasi tentang sejarah dan perkembangan transportasi di dunia. Ada banyak koleksi jenis transportasi mulai dari sepeda onthel, delman, mobil listrik sampai mobil balap F1 yang bisa kita lihat. 

Ada 10 zona yang bisa dijelajahi di museum angkut ini, antara lain Zona Edukasi, Italia, Inggris, Perancis, Las Vegas, Jerman, Hollywood, Jepang, Gangster & Broadway dan Batavia. Setiap zona dibuat semirip mungkin dengan aslinya, mulai dari jalanan hingga landmark khasnya. Pantesan aja, tempat ini jadi lokasi favorit untuk foto-foto.

Jatim Park 2

Pict by bromomalangtour

Kalo di Jatim Park 1 menawarkan wisata terpadu antara rekreasi dan edukasi, maka Jatim Park 2 ini berkonsep wisata alam. Di sana terdapat binatang dari berbagai benua yang diawetkan dan dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya. Di Jatim Park 2 kita juga bisa melihat kebun binatang yang berkonsep modern di Batu Secret Zoo. Anak-anak pasti seneng banget, nih.

Taman Selecta

Pict.by brobali.com

Taman Selecta merupakan sebuah destinasi wisata dengan koleksi tanaman-tanaman bunga yang indah. Rata-rata tanamannya hanya bisa tumbuh di dataran tinggi saja. Selecta kini makin berbenah, beda banget dengan 20 tahun lalu. Rasanya betah berlama-lama di sini, karena selain udaranya yang sejuk, pemandangan indah terlihat sejauh mata memandang.

Bakso Malang  President

Pict.by forsquare

Selain punya destinasi wisata yang indah, Malang juga identik dengan dengan kulinernya khas nya. Apa lagi kalo bukan Bakso. Ada salah satu tempat makan bakso yang terkenal di malang yaitu Bakso Malang President. Bakso ini bisa dibilang legendaris karena sudah ada sejak tahun 1977. Uniknya lagi, lokasi warung bakso ini berada di pingir rel kereta api, jadi kita bisa menikmati bakso sambil sesekali melihat kereta yang lewat. Hihi...seru juga, ya.

Pos Ketan Legenda 

Pict by malangchannel.com

Liburan ke Malang nggak afdol kalo nggak mampir kulineran di Pos Ketan Legenda. Sesuai namanya, makanan yang berbahan ketan ini sudah ada sejak 1967 dan masih eksis sampai sekarang. Setiap harinya Pos Ketan Legenda tak pernah sepi pengunjung, bahkan banyak pembeli yang rela antri untuk bisa menikmati seporsi ketan. Menunya cukup beragam seperti ketan bubuk, ketan susu, ketan keju, ketan ayam suwir, bahkan ketan durian. Duuh, ngebayangin rasanya aja udah ngiler.

Kusuma Agrowisata 

Pict by surabayaadventure

Ketika tahu kalo aku berencana liburan ke Malang, anak-anak udah heboh pengen main ke Kusuma Agrowisata. Pengen petik buah katanya. Memang sih, wisata уаng ditawarkan Kusuma Agrowisata аdаlаh perkebunan уаng menyediakan layanan wisata petik dі kebun apel, jeruk, jambu merah, buah naga, strawberry dan juga sayur hidroponik. Sеlаіn wisata petik, ada juga wahana outbound seperti bermain War Game dі arena airsoft gun, mengendarai ATV dі mini off-road track dan juga  flying fox. 

Aaah, semoga keinginan untuk mengulang kenangan masa lalu di Malang ini bukan sekedar impian saja. Waktunya mengencangkan ikat pinggang dan mulai nyisihin uang buat liburan.

Yuhuu Malang, tunggu kami dataaaaaang....

25 komentar:

  1. Iyaa Malang yang sekarang beda banget dengan Malang yang dulu, wisatanya banyak banget dan kulinernya enak-enak, apalagi bakso president itu, walau makannya sambil deg-degan kalau pas ketemu kereta hahaha

    BalasHapus
  2. Dari list di atas aku cuma pernah main ke Selecta aja sama Jatim Park 1 mbak hheee
    Di Malang banyak wahana wisata yang cocok untuk dikunjungi pokok. Walau begitu tiket masuknya tinggi2 yah mbak, hehee tapi sesuai sama yang didapat di wisata itu juga sih
    Mupeng main ke wisata lainnya di Malangg euyy hheeee

    BalasHapus
  3. Aku belum pernah ke Malang. Kalau suatu saat nanti ke sini, semoga daku tak lupa mampir ke Museum Angkut. Pengen lihat mobil-mobil jadul, hehehehe..eh, Taman Selectanya juga indah ding.

    BalasHapus
  4. Dari dulu penasaran sama kebun apel di Malang. Rupanya banyak juga tempat asyik ya di Malang. Kapan ya bisa ke sana.

    BalasHapus
  5. Malang ini katanya kota dingin menyejukkan. Anak2 bunda udah pada ke sana malahan ada yg udah ke gunung Bromo katanya hiiii
    ..dinginnya. Malang dengan muaiumnya yg bikin iri aama yg udah menginjakkan kakinya di sana. Di Jakarta aja museum Fatahilah bunda blm pernah. Kasiaaan deh bunda. One day bunda harus merengek nih minta diajàk ke Malang sama anak2.

    BalasHapus
  6. Belum pernah saya ke kota Malang, ingin banget kesana duh katanya disana udaranya sejuk dan pemandangan pun masih asri, duh kapan bisa kesana yah?

    BalasHapus
  7. Yap. Makin banyak obyek wisata di Malang. Plus yg edukasi menjamur. Anak2 sekolah juga suka liburan ke Malang, JatimPark 3 jd tujuan favorit. Saya yg dekat Malang, di Pasuruan, malah belum pernah loooo. Hiks

    BalasHapus
  8. Dulu hampir tiap mudik Kediri selalu dolan ke Malang. Sekarang karena anak dah besar kadang libur ada jadwal lain jadi jarang ke sana..
    Yang belum ke bakso President dan Kusuma Agro. Kalau Selecta dulu jaman kecil ke situ. Penasaran kayak apa sekarang.
    Cuss kepoin paket ke Malang ah

    BalasHapus
  9. Malang itu gak ada habis-habisnya untuk dijelajahi. Aku suka daerah pegunungannya sih Mbak. Selalu menawarkan tantangan.

    BalasHapus
  10. Minggu lalu aku ke Malang, mengobati kerinduan. Dari masa kuliah dan kerja di Malang, 9 tahun berlalu akhirnya bisa kesini lagi itu rasanya seneng banget. Dulu yang hits banget, jalan jalan ya ke selecta sama Agrowisata kebun apel sih, hahaha. Sekarang udah membludak, banyak banget

    BalasHapus
  11. Duuuh jadi makin pengin ke Malang. Aku blom pernah lho sekalipun kesana. Selecta aja cuma tau dari monopoli. hiks. Sedih kan. Pokoknya tahun ini digaendakan ke Malang ah. Pengin icip bakso yng ngehits itu. Btw, kalau lokasi pos ketan legenda itu bs dicari pake google maps kan?

    BalasHapus
  12. Duh ngiler dengan ketannya..jd penasaran rasanya Seperti apa. Museum angkut juga asik kayanya kalau dikunjungi bareng anak2 ya Bisa sekalian edukasi mengenalkan berbagai macam transportasi

    BalasHapus
  13. Ya Allah...liat pos ketan durian tiba tiba pengen banget nyicip yaaa. Penasaran sama museum angkut, bisa buat mengenalkan anak anak dengan transformasi alat transportasi dunia dan Jatim park. Udah banyak review Wira Wiri soal Jatim park soalnya

    BalasHapus
  14. Mba Ika, aku juga pernah ke Malang tapi nggak explore
    pengen ke sana lagi hayuk ah kapan rame-rame
    Malang emang bikin kangen

    BalasHapus
  15. Ya ampun Malang.. 2 tahun yang lalu ke sana dan masih belum puas explore tempat wisata di sana. apalagi makanan-makanannya enak-enak semua. Semoga bisa berkunjung lagi ke Kota Malang yang dingin

    BalasHapus
  16. Belum pernah ke malang, huhuhu... Saya mah penasaran banget sama kulinernya, bakso malang president & pos ketan legenda

    BalasHapus
  17. Saya belum pernah ke Malang, Mba Ika. Pengen banget ke sana. Saya tahunya kebun apel, jatim park, museum angkut aja. Padahal banyak banget ya objek wisatanya.

    Terus bakso president itu, saya pengen nyicipin..

    BalasHapus
  18. Huaah noted banget nih tempat"nya. Kebetulan minggu depan aku ke Malang. Kudu mampir nih ke beberapa tempat ini.

    BalasHapus
  19. Huhu aku jadi kangen sama taman Selecta, terakhir ke sana 2016. Ah semua tempat wisata Batu - Malang mah asik-asik mba, aku nggak nolak kalau ada yang ngajakin ke Batu, sama kayak Bandung cuacanya adem..

    BalasHapus
  20. Aku justru pengen balik ke Malang lagi ke air terjun dan pantainya yang nggak kalah indah, mbak Ika. Rencana sih tahun ini juga, tapi belum tahu jadwalnya kapan. Beda cuti sih ipar-iparku, ada yang pengen sebelum lebaran, tapi ada juga yang maunya akhir tahun.

    BalasHapus
  21. Malang terkahir aku kunjungi setahun lalu tapi nggak sempat kemana-mana. Hihiii. Kayaknya kalau ke Malang lagi, pengen banget ke Museum Angkut :)

    BalasHapus
  22. Enggak pengen ke Coban Rondo, Mbak? ��

    Wih, dulu setiap pekan bisa ke Malang, emang tinggal dimana dulunya, Mbak?

    Libur lebaran bentar lagi loh, dah nyiapin segala-galanya? Kalau jadi, jangan lupa ajak si K ya. ��

    BalasHapus
  23. Aku juga pengin ke malang nih mba. Wisata di atas bikin mupeng. Semoga bisa terjamah semua. Hehe

    BalasHapus
  24. Aku malah baru sekali mba ke malang. Itu pun karena acara kantor. Habis lebaran nih insyaAllah mau ngajakin krucils ke sana.

    BalasHapus
  25. Alhamdulilaah, barusan aja kemaren maen di Malang lagi mba. Habis dari Bromo langusng sekalian bermalam di Malang sehari dan jalan-jalan.

    BalasHapus