Merencanakan Liburan Ramadan Tahun Depan bersama Traveloka



Hai Gaes,

Sudah jalan kemana aja tahun ini? Nggak kerasa tahun 2018 ini beberapa bulan lagi berakhir. Masih ada lah kesempatan buat merencanakan liburan buat akhir tahun nanti.

Kalo kalian berencana untuk pergi liburan di akhir tahun nanti, mending hunting tiket dan booking hotel dari sekarang deh. Tahu sendiri lah, kalo akhir tahun adalah "peak season" buat destinasi wisata favorit. Bisa-bisa kalian nggak dapat tiket dan hotel sesuai dengan budget kalian. Ya, maklum aja kalo "peak season" harga tiket dan hotel melambung tinggi.

Akan lebih baik lagi kalo liburan direncanakan jauh-jauh hari. Kenapa? Karena harga tiket pesawat dan hotel bisa jauh lebih murah, gaes. Makanya banyak teman-temanku yang suka traveling selalu merencanakan liburan mereka jauh-jauh hari.

Berdasar pengalaman teman-temanku, makanya aku juga sudah merencanakan liburan untuk tahun depan. Sebenarnya keinginan buat traveling ke Lombok saat bulan Ramadan sudah terbersit sejak tahun lalu, tapi karena belum rezeki rencana itu musti tertunda hingga tahun depan.

Libur Ramadan

Saking pengennya melihat secara langsung tradisi unik masyarakat Lombok saat bulan Ramadan, aku bahkan sudah mengintip kalender libur nasional tahun depan, loh. Kebetulan banget pas Ramadan tahun depan ada hari libur nasional beberapa hari menjelang lebaran. Yah, lumayan lah masih bisa menyaksikan "dile jojor" di sana.

Dile jojor adalah sejenis obor yang berasal dari buah jamplung yang dibakar. Nah, oleh warga setempat, tradisi ini disebut dengan tradisi "maleman". Maleman ini biasanya dilakukan tiap malam ganjil di bulan Ramadan yaitu tanggal 21, 23, 25, 27 dan 29 Ramadan.

Menurut cerita yang aku baca, tradisi maleman dengan menyalakan dile jojor ini sudah dilakukan warga Dusun Tenges-enges sejak dulu. Tradisi ini bertujuan agar warga tetap terjaga dan melakukan ibadah untuk menyambut malam Lailatul Qadar. Dile jojor juga merupakan wujud pengharapan agar jiwa mereka serta arwah keluarga yang sudah meninggal bisa mendapat penerangan serta berkah di bulan Ramadhan.

Tradisi unik ini diawali dengan membawa dulang berisi nasi dan lauk pauk ke masjid. Setelah maghrib tiba, warga bersama tokoh masyarakat dan tokoh agama yang telah berkumpul di masjid menyantap hidangan berbuka yang telah disiapkan.

Pict by. karnia saptia

Dile jojor dinyalakan selepas shalat magrib. Dusun yang semula gelap ini menjadi terang karena sinar dari api dile jojor. Semua warga meletakkan dile jojor di tiap sudut rumah dan tempat pemakaman desa. Jadi, suasana tempat pemakaman umum pun ramai karena semua warga berkumpul untuk menyalakan dile jojor di makam anggota keluarga mereka.

Seru, kan. Itulah mengapa aku penasaran dan pengen banget bisa melihat secara langsung tradisi unik ini. Nggak mau lagi kehilangan momen ini, aku pun mulai hunting tiket pesawat dan hotel untuk libur Ramadan tahun depan.

Seperti yang sudah-sudah, biasanya sih aku cari tiket pesawat dan hotel melalui agen perjalanan online. Yah, namanya juga pengen berhemat jadi benar-benar cari harga yang terbaik. Cek harga tiket dan hotel lalu membandingkannya antara agen satu dengan agen lain. Selisih dikit juga lumayan, loh. Apalagi kalo bisa pesan tiket pesawat sekaligus hotel dalam satu paket, kan lebih asik.

Emang ada agen travel yang punya produk seperti itu?

Ada dong. Ternyata Traveloka punya produk pemesanan tiket pesawat dan hotel dalam satu paket.  Ya udah, akhirnya aku coba dong.




Kelebihan pesan tiket pesawat sekaligus hotel di Traveloka banyak, salah satunya adalah kita bisa hemat biaya hingga 20% tanpa menggunakan kode promo apapun dibanding dengan pesan tiket pesawat dan hotel secara terpisah. Selain itu, kita juga hemat waktu dan tenaga dong, karena nggak perlu pesan tiket pesawat maupun hotel secara terpisah.




Ketika pesan tiket pesawat dan hotel dalam satu paket, kita juga bisa pilih kok penerbangan dan hotel yang sesuai dengan budget. Pilihannya banyak. Pokoknya gampang dan hemat waktu banget. 




Dan benar saja, ketika pesan tiket pesawat dan hotel dalam satu paket harganya beneran lebih hemat daripada pesan sacara terpisah loh, gaes. Kan lumayan sisa duitnya bisa buat kulineran dan beli oleh-oleh buat keluarga. Hihi. Bener-bener liburan yang murah tapi mevvah.

Udah gitu, kalo mau bayar tiket pesawat dan hotel yang sudah dipesan juga gampang banget karena tersedia beberapa pilihan metode pembayaran. Mau transfer lewat ATM, internet banking, pake kartu kredit, bahkan di minimarket juga bisa. Nggak nyusahin, pokoknya.

Sekarang aku sudah bisa bernafas lega, karena liburanku Ramadan tahun depan bakalan terwujud karena sudah direncanakan jauh-jauh hari. Nggak bakalan kuatir lagi karena nggak kebagian tiket dan hotel murah.

Nah, buat kalian yang mau liburan, sebaiknya rencanakan dari sekarang, deh. Mungkin bisa mulai dari destinasi wisata yang akan dituju, budget liburan, cek harga tiket dan hotel hingga waktu perjalanan. Jangan lupa pesan tiket pesawat dan hotel sekaligus dalam satu paket supaya lebih hemat. Kalo kalian butuh referensi tempat liburan baca aja disini!

Selamat merencanakan liburan!

21 komentar:

  1. seru banget ya kak klo make apps traveloka mau kmn aja gampang tinggal klik terbang deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, kak. Nggak repot pergi kemana-mana juga. Tinggal klik klik, beres deh

      Hapus
  2. Mantap deh mempersiapkan ramadan sejak sekarang ��

    BalasHapus
  3. Liburan yang mengesankan memang direncanakan jauh hari ya mba. Agar lancar semuanya

    BalasHapus
  4. Wah iya..mesti pesan2 dari skg utk liburan akhir th nanti ya.. untung ada Traveloka shg praktis. prakt infonya mba..

    BalasHapus
  5. Aku langganan traveloka, suka karena harganya udah final gt dr awal.

    BalasHapus
  6. Wah lebih hemat ya jadinya booking hotel dan tiket sepaket..keren..

    BalasHapus
  7. Bojoku senengnya pesen hotel juga di traveloka. Tapi hobi dia mepet2

    BalasHapus
  8. Wah, bisa juga nih buat persiapan mudik ke Jawa ya. Biasanya suamiku jg pesan tiket pesawat via traveloka

    BalasHapus
  9. Lumayan juga ya sampai hemat 20% kalau satu paket gitu. Sayang, untuk waktu terdekat aku fokus untuk ujian CPNS, Mbak, ntar di Sragen. Rencanya kalau sudah dapat kartu, tahu hari dan jam ujian langsung cus pesan hotel lewat Traveloka. Sudah mulai dari sekarang ngincer satu hotel via Traveloka.

    BalasHapus
  10. Setuju banget traveloka murce. Udah gitu urusan refund nya gampang. Aku jd langganan disini 😁

    BalasHapus
  11. Suamiku skrg juga pakainya traveloka.

    Btw jadi gimana gitu habis baca ini. Smg bisa pulkam lebaran tahun depan. Aamiin..

    BalasHapus
  12. Menarik bgt yaa tradisi bulan Ramadhannya. Jadi pingin ke Lombok juga

    BalasHapus
  13. Wah emang traveloka itu asyik ya, bisa bayar sepaket hotel dan tiketnya, kemarin pas lebaran aku nyoba beli tiket hotel di traveloka lumayan jauh lebih hemat harganya :)

    BalasHapus
  14. Mantap deh. Libur lebaran hrs direncanakan dini ya biar ga keabisan tiket dll

    BalasHapus
  15. Aku udah ada rencana dong mba ika jalan jalan hehehehhe pesennya pake paket tiket pesawat dan hotelnya traveloka pulak heheu

    BalasHapus
  16. Wah kalau direncanakan jauh hari tiketnya lebih Murmer yaa

    BalasHapus
  17. Seru banget merencanakan printilan traveling hihi belum berangkat udah bikin hepi

    BalasHapus
  18. Aku jg sering pesan hotel and tiket semua di Traveloka. Mudah dan murah emang :)

    Btw, buat tahun ramadhan thn depan emangnya udah bisa ya pesan di Traveloka? Krn setauku blm bisa deh..kalo pesawat mungkin bisa.

    BalasHapus
  19. Aih..jd mupeng pingin ke lombok nih..mbak. udh lama bingit. Langsung arrange waktu ahhh...

    BalasHapus
  20. aku juga sering pake traveloka, praktis dan mudah bayarnya, meski cum beli tiket mudik KA yg 50ribu itu hehehe

    BalasHapus