Mau Traveling? Berikut Ini 10 Barang yang Wajib Dibawa Saat Traveling!


Hai Gaes,

Akhir tahun adalah waktunya untuk liburan. Sudah punya rencana traveling kemana, nih? Traveling di dalam negeri atau keluar negeri? 

Traveling kemanapun baik di dalam maupun luar negeri tentunya butuh persiapan ya, gaes. Nggak mau dong, acara traveling kita rusak hanya karena persiapan yang kurang?  

Apa aja sih yang biasanya perlu disiapin sebelum traveling? 

Pertama, kita pasti harus menentukan tujuan liburan kita dan waktunya. Kalo sudah kita tentukan tujuan dan waktunya, kita akan dengan mudah menentukan budgetnya. Masa iya sih, kita mau liburan tapi nggak jelas tujuannya mau kemana dan berapa lama waktunya? 

Kedua, kita musti nyiapin budget khusus buat traveling. Pastinya ini sudah kita pikirkan jauh-jauh hari ya. Budgetnya tentu harus disesuaikan dengan kemampuan dan tujuan traveling kita. Kalo misalnya kita cuma mampu nginep di homestay ya nggak usah maksain nginep di hotel. Kalo mampunya makan di warung, nggak usah juga maksain makan di restoran mahal. Bisa-bisa kita musti ninggalin KTP buat bayar hotel dan makan. Hihi... Lain hal nya kalo kita traveling bareng teman atau sahabat, karena kita bisa share cost biaya traveling dengan mereka.

Ketiga, menyiapkan barang bawaan. Nah, ini wajib diperhatikan nih. Kadang kita sering abai dengan persiapan barang bawaan. Kadang karena kurang teliti, ada saja barang bawaan yang tertinggal. Akibatnya kita panik ketika sudah sampai di tempat tujuan. Ada baiknya, kita bikin list atau daftar barang yang harus dibawa saat traveling. 

Nah, apa aja sih barang yang wajib dibawa saat kita traveling?

1. Dry Bag


Selain travel bag, kita juga butuh dry bag. Tas anti air ini berfungsi melindungi barang-barang kita seperti dokumen perjalanan, dompet, gadget hingga pakaian dari kebasahan. Bayangin kalo kita mendadak kehujanan ditengah perjalanan. Bisa-bisa basah semua barang-barang penting kita.

2. Gadget



Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat mengandalkan gadget. Sebagian besar aktivitas online kita lakukan dengan gadget. Kita bisa browsing, bisa chatting, bisa melakukan transaksi hingga mengirim email. Jadi, nggak salah dong kalo kita masukan gadget ke dalam daftar barang yang wajib dibawa saat traveling. Kalo kalian gimana? Pilih ketinggalan gadget atau ketinggalan dompet?

3. Kamera



Traveling tanpa bawa kamera bagaikan makan nasi tanpa sayur. Hambar nggak ada rasanya. Masa sih kita mau melewatkan momen penting saat traveling? Saat ini ada banyak sekali jenis kamera yang bisa dipilih. Mulai dari kamera saku (compact camera), bridge camera (prosumer), kamera mirrorless, kamera aksi (action camera), kamera Digital Single Lens Reflex (DSLR), kamera video, kamera Medium Format dan Boutique Camera. Wow, ternyata banyak ya jenisnya. Kalian sudah punya yang mana?Aku sih baru punya action camera. Pengen deh, tahun depan punya kamera DSLR terbaru 2017. Biar pengalaman travelingku bisa terdokumentasi dengan baik.

Baca juga :   Tiga Hari Dua Malam Penuh Kesan bersama Insto di Labuan Bajo

4. Power Bank

Pernah nggak ketika sedang asyik telpon-telponan tiba-tiba handphone kita mati karena kehabisan baterai? Sedangkan kita berada di lokasi yang jauh dari jaungkauan listrik. Bete banget pastinya, ya. Nah, salah satu benda kecil tapi memiliki manfaat besar adalah power bank. Power bank adalah penyelamat saat gadget kita kehabisan daya. Masukkan benda ini ke dalam daftar barang yang wajib dibawa saat traveling, ya.

5. Perlengkapan P3K atau (First Aid Kit)


Seringkali saat traveling kita mengabaikan barang ini. Yups, obat-obatan atau perlengkapan P3K. Kadang ada kejadian tak terduga yang membuat kita terluka. Seperti beberapa waktu lalu saat aku bermain di Pink Beach, telapak dan jari kakiku terkena karang dan terluka cukup dalam. Sayangnya waktu itu aku nggak bawa perlengkapan P3K. Bisa ditebak, darah terus menerus mengucur dari luka di kakiku. Kebayang kan, gimana rasanya? Jadi ingat gaes, perlengkapan P3K ini wajib ada di tas traveling kalian.

6. Toiletries

Aku termasuk orang yang mau repot bawa peralatan toiletries kemanapun. Beberapa hand and body lotion, sunblock, moisturizer hingga lotion anti nyamuk pun ada. Aku paling nggak nyaman kalau harus minta atau pinjam toiletries dari orang lain. Kalo sedang traveling aku pasti bawa toiletries lengkap meski dalam bentuk kecil. Tak lupa hand sanitizer karena meski sedang traveling kita juga musti jaga kebersihan. Nggak mau dong, pulang traveling malah sakit gara-gara kurang memperhatikan menjaga kebersihan diri?

7. Travel Vacuum Bag


Sebelum kenal travel vacum bag, aku memakai kantung plastik biasa untuk memisahkan pakaian kotor dengan pakaian bersih. Sayangnya, travel bag jadi nggak rapi karena plastik yang menggelembung. Nah, kalo travel vacuum bag ini tidak akan menggelembung. Plastik ini juga kedap air, jadi nggak khawatir pakaian lain akan kebasahan. Travel bag pun jadi lebih rapi karenanya. Travel vacuum bag ini banyak dijual di toko-toko online terpercaya, kok. Kalian bisa membelinya untuk persiapan traveling.

8. Notebook (buku catatan)

Aku punya kebiasaan membawa buku catatan meski berukuran kecil. Biasanya sih untuk mencatat sesuatu yang nggak bisa kita catat di gadget. Siapa tahu di tengah perjalanan kita mendapatkan inspirasi dari hal-hal yang kita temui di jalan. Bisa juga untuk mencatat ide yang terlintas dan hal-hal menarik lain, supaya nggak cepat menguap.

9. Kacamata


Kacamata ini nggak cuma dipakai untuk gaya-gayaan saja tapi juga mampu melindungi mata kita dari silaunya sinar matahari dan cahaya ultra violet yang dapat merusak mata. Selain itu, kacamata bisa melindungi mata kita dari debu saat sedang berkendara. Kita juga bisa terhindar dari migrain dan sakit kepala yang melanda ketika matahari sedang terik.

10. Sepatu yang Nyaman


Ketika traveling, aku lebih suka memakai sneakers. Langkah kaki jadi terasa lebih ringan, kaki juga nyaman. Salah satu hal yang paling penting saat traveling menurutku adalah memilih alas kaki yang tepat. Karena kita akan lebih banyak bergerak, sepatu flat, sepatu olahraga atau sneakers merupakan pilihan tepat. Jangan sampai traveling terganggu hanya karena salah pilih sepatu ya, gaes. Oh iya, kalo perlu kita juga bawa sandal sebagai cadangan. Apalagi buat kalian yang berencana untuk berwisata di pantai.

Nah, itulah daftar 10 barang yang wajib dibawa saat traveling. Jangan sampai lupa masukkan 10 barang ini ke dalam daftar barang yang musti kalian bawa.

Jadiiii...., sudah siap untuk traveling, gaes?

20 komentar:

  1. Kesepuluhnya memang penting banget dibawa saat travelling, setuju 😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaah...penting semuanya ya mb Vit

      Hapus
  2. Kapan ya bisa traveling gitu? Krucil pasti ngintil 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo krucil udah pada gede mbak, hihi

      Hapus
  3. aku anaknya gak betahan pakae kacamata mba, jadi kalo travelling paling jarang bawa kacamata hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo aku paling ga bisa kalo ga pake kacamata, selain takut mata kena debu takut silau juga..hihi

      Hapus
  4. Wah iya kalau di list gini jadi ingat apa aja yang takut ketinggalan. Nggak bawa obat pernah pas ke Singapur. Lah puyeng juga kan mau beli panadol di sana, hahah... Kalau kacamata emang nggak demen. padahal penting ya kalau ke tempat macam pantai. Saya baru tau kalau kamera jenisnya banyak amat, haha... Taunya DSLR dan Mirrorless aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah di list aja kadang ada yang masih ketinggalan ya mbak Nit?

      Apalagi kalo yang ketinggalan barang penting, jangan sampe lah

      Hapus
  5. Iya ya mbk klok pakek plastik bwt nyimpen baju kotor jatohnya malah jd blendung2 kopernya..
    Aku catet yak. Praktekin klok aku pas mau traveling. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip Muma, aku udah cobain pas traveling kemarin loh

      Hapus
  6. Enak ya kalau punya travel vacuum bag, bawaan jadi kempis, ringkas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Rin, jadi nggak kecampur pakaian bersih dengan pakaian kotor kan

      Hapus
  7. Penting banget sepatu nyaman kalo ga pake spatu nyaman ga bisa menikmati perjalanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...kalo salah pilih sepatu bisa runyam deh selama traveling, hihi

      Hapus
  8. Travel vacum bag itu penting banget kalo buat traveling yg agak lama. Apalagi perginya berempat, bisa irit space..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...mbak, bener banget. Pengalaman kemarin pas ke Labuan Bajo, bawa banyak barang tapi krn aku packing pake vacum bag jadi tas ranselku bisa muat banyak

      Hapus
  9. Sama parfum mbaaa, biar kalo ga mandi sebelahnya ga kebauan XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..udah pasti bawa dong parfum, deodorant dan sebagainya....

      Hapus
  10. Wah lha ini artikel yg kubutuhin spy ga ribet inget2 barang yg mau kubawa travelling. Thx mbak ika inspirasinya. Top!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bermanfaat ya mbak Archa ;)

      Hapus