Umbul Sidomukti, Destinasi Wisata Favorit di Kabupaten Semarang

Hai Gaes,

Sebagai orang Semarang selama lebih dari 17 tahun ini, ternyata banyak tempat yang belum pernah aku kunjungi. Bukannya nggak mau, tapi memang belum ada kesempatan aja. 

Oh iya, kota Semarang jelas beda ya dengan kabupaten Semarang. Kabupaten Semarang memiliki 19 kecamatan yang meliputi wilayah Ungaran, Ambarawa, Bandungan, Bawen dan sekitarnya. Sebagian besar wilayah kabupaten Semarang berada di dataran tinggi, makanya banyak penduduknya yang bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang. Biasanya mereka menanam berbagai jenis sayur, buah dan tanaman bunga. Coba deh kalau kalian jalan-jalan ke daerah Bandungan dan sekitarnya, banyak pedagang yang menjajakan hasil buminya di pinggir-pinggir jalan.

Kabupaten Semarang memiliki beberapa destinasi wisata alam dan wisata sejarah yang potensial, loh. Sebut saja Rawa Pening, Bukit Cinta, Curug Bidadari, Curug Lawe, Curug Benowo, Umbul Sidomukti, Candi Gedong Songo, Candi Dukuh, Monumen Palagan Ambarawa, Museum Kereta Api dan Benteng Willem. Itu baru wisata alam dan sejarah loh, belum wisata lainnya.

Dari sebagian  yang sudah aku sebutin tadi, destinasi wisata mana aja yang sudah kalian kunjungi, gaes? Sstt...tenang aja, masih ada kesempatan kok untuk menyusun rencana, destinasi wisata alam mana yang harus kalian kunjungi.

Nah, aku punya rekomendasi destinasi wisata paling favorit di kabupaten Semarang nih, gaes. Kali aja bisa jadi bahan pertimbangan buat kalian yang akan berwisata di kabupaten Semarang.

Asik banget nongkrong di sini
Umbul Sidomukti yang terletak di desa Sidomukti kecamatan Bandungan ini memiliki pemandangan alam yang indah. Umbul Sidomukti  merupakan daerah perbukitan yang berada diantara Gunung Ungaran, Gunung Andong, Gunung Merbabu dan Gunung Telomoyo. Lokasinya yang berada di ketinggian 1200 mdpl membuat hawanya cukup sejuk.

Perjalanan dari kota Semarang ke Umbul Sidomukti memakan waktu sekitar 1,5-2 jam. Kalo bisa sih berangkat lebih awal, supaya nggak kena macet. Oh iya, jalanan menuju Umbul Sidomukti cukup sempit, hanya bisa dilewati satu mobil saja. Tapi nggak usah kuatir sih, karena kendaraan yang turun berbeda jalur kok dengan yang naik.

Untuk masuk ke lokasi, kita harus membayar tiket 10 ribu rupiah per orang. Ini belum termasuk tiket wahana permainan, loh. Di sekitar gerbang dan tempat parkir, ada banyak penduduk sekitar yang menyewakan kuda. Kalian akan diajak berkeliling satu kali putaran kawasan Umbul Sidomukti dan masuk ke dalam lokasi dengan membayar 25 ribu rupiah. Kalo aku sih, pilih jalan kaki aja. Lebih sehat meskipun rada ngos-ngosan. Haha.


Meski sudah beberapa kali ke sini dan rasanya nggak pernah bosen, deh. Umbul Sidomukti memiliki beberapa fasilitas antara lain kolam renang, pondok wisata, camping ground, outbond training, pondok lesehan hingga meeting room. Kalian yang suka permainan yang menantang adrenalin, tersedia juga berbagai wahana yang akan membuat adrenalin kalian naik.

Ada juga berbagai wahana yang mampu menaikkan adrenalin, seperti flying fox, marine bridge, riding bicycle dan rappeling melintasi jurang sepanjang 110 meter. Ada juga spot foto ala skytree buat kalian yang suka narsis.


Air kolamnya dingiiin
Salah satu daya tarik wisata Umbul Sidomukti adalah adanya kolam renang yang berada di atas bukit. Mau berendam di kolam sambil menikmati pemandangan? Ada tiga kolam yang siap menyegarkan badan kalian. Berenang atau mandi di kolam ini rasanya seperti berenang di atas awan karena kalian bisa berenang sambil melihat pemandangan kota di kejauhan. Kolam ini memiliki dinding yang terbuat dari batu-batu alam dan memiliki mata air alami yang nggak akan pernah kering sepanjang tahun, bahkan di musim kemarau sekalipun. Konon kabarnya, kalo kita mandi di dalam kolamnya, kita bisa awet muda, loh. Coba deh, kalian mandi disana. Kali aja jadi awet muda beneran. Haha.

Di samping kolam, berjajar gazebo-gazebo yang selalu penuh dengan pengunjung yang beristirahat. Di bagian bawah terdapat kafe dan spot-spot foto yang baru saja dibangun. Rupanya pengelola Umbul Sidomukti terus berbenah untuk mempercantik lokasi dan menambah beberapa wahana baru. Pengunjung jadi makin betah, deh.

Oh iya, di sekitaran Umbul Sidomukti juga terdapat beberapa destinasi wisata lain seperti Candi Gedong Songo, Curug Bidadari dan Kebun Bunga Setiya Aji. Kalo kalian pengen kesana, berikut ini alamat lengkapnya, ya.

KAWASAN WISATA UMBUL SIDOMUKTI
Desa Sidomukti Kecamatan Bandungan Kab. Semarang, Jawa Tengah.
PT. PANORAMA AGRO SIDOMUKTI.
Nomor Telepon. 082892031261
Email : umbulsidomukti@gmail.com
Website : www.umbulsidomukti.com
Facebook : umbul sidomukti
Instagram: @umbul.sidomukti
 

3 komentar:

  1. Wah ternyata banyak sekali ya obyek wisata di semarang. Tap belum satu pun yang saya kunjungi

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak banget tempat wisata seru loh mbak...ato eksplor Semarang

      Hapus
  2. Wah pemandangannya bagus banget, ini info menarik bagiku. Ada rencana pengen ke Semaang, bisa lah di list dan didatangin kesana..

    BalasHapus