Resep Babat Pedas Manis

Hallo Mommies, apa kabar?
Masak apa hari ini? 

Setelah beberapa waktu nggak menyapa para Mommies, rasanya kangen deh. Hehe. Adakah para Mommies yang kangen diriku atau resepku? *mendadak denger koor ..huuuuu  :p
Oke deh, langsung aja bagi-bagi resep aja. 
Sudah lamaaaa...aa (*a nya banyak amat Mak) sekali saya nggak masak babat. Jeroan yang satu ini memang nggak boleh sering-sering kita makan ya. Ingat kolesterol!! Tapi kalo sesekali dalam berapa bulan gitu ya nggak pa-pa kali ya. Ceritanya di mbak tukang sayur langganan ada babat dan berbagai jeroan lainnya macam iso, hati dan paru. Entah kenapa saya justru tertarik pada babat. Akhirnya saya ambil 1/2 kg. Nggak usah banyak-banyak, laah. Rencana awalnya saya pengen masak babat gongso. Tapi entah kenapa berubah jadi babat pedas manis. Mirip-mirip sih sebenarnya, cuma yang saya buat kuahnya agak banyak. Jadi saya nggak berani klaim kalau ini babat gongso..hahaha.

Mommies mau nyoba masak juga? 

dok.pri Babat pedas manis

Resep Babat Pedas Manis 

Bahan  :
500  gram babat, cuci bersih
7  butir bawang merah
1  lembar daun salam
2  lembar daun jeruk , sobek
1  batang serai, memarkan
1  ruas lengkuas, memarkan
1  sdt garam
2  sdm kecap manis
1/2  gula pasir
1/4  sdt kaldu bubuk (optional)
3 sdm minyak
200 ml air

Bumbu halus :
5  siung bawang putih 
8  buah cabai merah
5  buah cabai rawit merah
2  butir kemiri
1/2  ruas jahe
1/2  sdt ketumbar

Cara membuat  :
  1. Rebus babat hingga empuk, tambahkan daun salam untuk mengurangi baunya yang khas. Butuh waktu hingga kurang lebih 1 jam untuk merebus babat sampai empuk. Kalau saya sih pake presto, cukup 15 menit saja, babat sudah empuk. Kalau sudah, tiriskan cuci lagi dan potong-potong babat sesuai selera.
  2. Sambil merebus babat, Mommies bisa membuat bumbunya. Iris bawang merah dan haluskan bumbu. 
  3. Panaskan minyak, tumis bawang merah hingga harum. Masukkan bumbu halus, tambahkan daun jeruk, daun salam, serai dan lengkuas. 
  4. Masukkan babat yang sudah dipotong-potong. Aduk hingga bumbu tercampur rata.
  5. Tambahkan garam, gula pasir dan kecap. Aduk lagi hingga bercampur. Masukkan kaldu bubuk dan air. Masak hingga air menyusut. Koreksi rasa.
  6. Bila semua bumbu sudah meresap dan rasa sudah pas, matikan api. Hidangkan dengan nasi hangat. 
Ternyata semudah ini kan masak babat pedas manis. Gimana Mommies, mau mencoba resep babat pedas manis ini?

Selamat mencoba...

6 komentar:

  1. suka banget sama makanan pedas manis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bikin yang kayak gini dong Jiah..hehehe

      Hapus
  2. Ini mah makanan favorit ane mbak :D tapi kalau masalah rasa dan resep ane serahin kepada ahlinya saja. ane mah tinggal santap. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. paling enak memang gitu, tinggal nyantap doang

      Hapus
  3. Sedeeeeep abisss,,,, duh lupa diet aku klo liat yang kek ginian hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi..pasti jadi pengen bikin deh...langsung cuus bikin sana !!

      Hapus