Resep Ikan Kembung Kuah Santan

Hallo Mommies, apa kabar?
Masak apa hari ini? 
Kalo saya  sih, hari ini pengen banget masak ikan yang praktis tapi tetep enak. Bumbunya cukup di iris-iris saja, trus dikasih santan dikit. Mirip-mirip dengan mangut sih jadinya. Tahu nggak, masakan saya ini juga hemat, loh. Dengan uang 20 ribu saja, kita bisa masak ikan. 

Nih ya, tadi pagi di tukang sayur langganan, saya belanja :
  • Ikan kembung segar 1 plastik berisi 13 ekor ukuran sedang hanya   Rp 10.000,-. Udah gitu dapat bonus dibersihkan juga lho. Hihi..
  • Cabe hijau campur rawit   Rp 2.000,-  (sekali masak)
  • Santan instan    Rp 2.500,-
  • Jeruk nipis        Rp 2.000,-
  • Bawang merah dan bawang putih   Rp 3.500,-  (sekali masak, soalnya ini bumbu lagi mahal Mom)
Tuuh kan, pas 20ribu. Siap masak ya, Mom.

Ikan Kembung Kuah Santan

dok.pri  Ikan kembung kuah santan

Bahan dan bumbu :
13 ekor ikan kembung segar
5 butir bawang merah, iris tipis
4 siung bawang putih, iris tipis
5 buah cabai hijau besar, iris serong
5 buah cabai rawit merah, iris serong
1 ruas lengkuas, keprek
2 lembar daun salam
1/2 sdt garam (sesuai selera)
1/2 sdm gula jawa (sesuai selera)
1/4 sdt kaldu bubuk, bila suka (optional)
200 ml santan kental
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat  :
  1. Bersihkan/ cuci ikan dengan air mengalir. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan beberapa saat, cuci kembali dengan air bersih.
  2. Panaskan minyak dalam wajan. Goreng ikan hingga garing dan berwarna keemasan. Sisihkan.
  3. Tumis bawang merah, bawag putih hingga harum. Masukkan irisan cabai, aduk rata. 
  4. Masukkan santan kental. Tambahkan bumbu pelengkap seperti daun salam, lengkuas, garam, gula jawa dan kaldu bubuk. Aduk hingga mendidih.
  5. Bila santan sudah mendidih, masukkan ikan satu persatu. Aduk dan biarkan hingga santan menyusut. Jangan lupa, uji rasa terlebih dulu.
  6. Angkat, hidangkan dengan nasi hangat.
Gimana, Mom? Mudah dan praktis kan membuat hidangan yang satu ini?

Selamat mencoba...


6 komentar:

  1. Boleeeh. Langsung contek aja resepnya, dek... :D

    BalasHapus
  2. Makannys cukup ini sama nasi panas..
    Beeuuuhhh syedaaappp

    BalasHapus
  3. Ikan kembung ki nek gonaku apa ya Jenenge. Belanak kui po ya. Dapet seplastik juga

    BalasHapus
  4. Ikan kembung ki nek gonaku apa ya Jenenge. Belanak kui po ya. Dapet seplastik juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bedaa...ikan kembung nggak ada sisiknya, ek ikan belanak bersisik Adit...wkwkwk

      Hapus