Resep Soto Ayam Super Mudah


Hallo Mommies.....masak apa hari ini?
Hujan-hujan begini, paling sedep makan makanan yang hangat berkuah. Apalagi kalo makannya ditambah pake sambal. Uuuh....bikin keringetan. 
Jadi, enaknya bikin soto aja deh. Oh iya, di Indonesia sendiri banyak sekali jenis soto ya. Ada beberapa yang terkenal, antara lain Soto khas Kudus, Soto khas Semarang, Soto Pekalongan alias Taoto, Coto Makasar, Soto Padang dan banyaaak lagi. Kalo disebutin bisa menuh-menuhin blog. Haha..
Ibu saya adalah perempuan yang jago masak. Mungkin saya ini nuruni (boso opo iki?*roaming) talentanya. Masakan-masakan yang pernah Ibu buat terekam jelas dalam benak saya. Termasuk resep soto ayam ini. Buat saya, resep soto buatan Ibu cukup mudah. Nggak percaya?
Boleh kok, di coba.

Soto Ayam Super Mudah


Resep Soto Ayam Enak
Bahan-bahannya  :
  • 500 gram daging ayam, bagian dada
  • 2 lt air 
  • 75 gram soun, rebus, tiriskan
  • 200 gram kol, iris-iris tipis
  • 250 gram taoge pendek, rebus sebentar
  • 3 batang daun bawang, iris 
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 lembar daun salam
Bahan pelengkap :
  • 4 batang daun seledri, iris
  • bawang goreng secukupnya
  • jeruk nipis
  • kecap manis, bila suka
Bumbu yang dihaluskan  : 
  • 6 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 ruas kunyit
  • 1/2 ruas jahe
  • 1/2 sdt merica
  • 3 butir kemiri
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir (sebagai penyedap)
 Cara membuat  :
  1. Rebus ayam dalam 2 ltr air. Tunggu hingga mendidih.
  2. Tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan irisan daun bawang. Masukkan ke dalam air kaldu (rebusan ayam). Tambahkan serai, lengkuas dan daun salam. 
  3. Aduk hingga bumbu tercampur ke dalam kuah kaldu. Tambahkan garam dan gula.
  4. Biarkan hingga mendidih, angkat ayam. Tiriskan dan suwir kecil-kecil.
  5. Siapkan mangkuk, isi dengan soun, irisan kol, taoge, suwiran ayam dan irisan daun seledri. Siram dengan kuah soto. Taburi dengan bawang goreng.
  6. Soto ayam siap disantaaap.

Gimana? Mudah kan cara membuatnya?
 Selamat Mencoba....

2 komentar:

  1. Wah kayaknya enak nih si santap pagi-pagi kayak gini apalagi disini musim hujan pasti mantap :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak banget lah..apalagi kalo ditambah sambal dan tempe goreng..hmm

      Hapus