Resep Mangut Ikan Tongkol

Hallo Mommies.......
Masak apa hari ini?

Ceritanya si Ayah tiba-tiba pengen makan mangut. Tapi bosen mangut iwak Pe. Trus, pake ikan apa dong? Jadilah Bunda yang kece ini berangkat ke pasar. Eh, dipasar cuma ada ikan tongkol segar. ya udah deh....coba-coba di eksekusi si tongkolnya. 

resep-mangut--ikan-tongkol


Resep Mangut Ikan Tongkol

Bahan :
2  ekor ikan tongkol segar ukuran sedang, bersihkan, potong jadi 3
1  buah jeruk nipis, ambil airnya
300  ml santan
1  sdm gula jawa
1  sdt garam
2  lembar daun salam
1  ruas lengkuas, geprek
2  lembar daun jeruk, sobek
5  buah bawang merah, iris tipis
1/2  sdt kaldu ayam bubuk (optional)
 
Bumbu halus :
10  buah cabai merah, rebus sebentar
5  buah cabai rawit, rebus sebentar
4  siung bawang putih
3  sdm minyak goreng untuk menumis
500  ml miyak untuk menggoreng ikan

Cara membuat :
  1. Lumuri ikan tongkol yang sudah dibersihkan dan dipotong dengan air jeruk nipis dan sedikit garam untuk menghilangkan bau amis. Diamkan sesaat, cuci kembali dibawah air mengalir.
  2. Panaskan minyak dalam wajan. Goreng ikan tongkol hingga berubah warna atau matang. Tiriskan.
  3. Siapkan wajan lain. Panaskan minyak dalam wajan, masukkan irisan bawang merah. Aduk hingga harum, masukkan bumbu halus. Tambahkan daun salam, lengkuas, daun jeruk. Aduk rata.
  4. Masukkan santan, aduk kembali. Tambahkan gula jawa, garam dan kaldu bubuk. 
  5. Masukkan ikan tongkol goreng, aduk dan masak hingga santan menyusut.
  6. Angkat. Mangut Ikan Tongkol siap dihidangkan.

Hasilnya sih, sebanding dengan usahanya. Mangut ikan tongkol segera habis tak bersisa. Rasanya puaas banget kalo hasil masakan kita di habis. Kata Ayah dan anak-anak, mangut tongkol bikinan Bunda...nagiiih. 
Bagaimana Mommies? 

Selamat mencobaaa....

12 komentar:

  1. kayaknya enak tu mbak, kalau dgn ikan lain enak g ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok pake ikan lain....tapi cara masaknya sama...

      Hapus
    2. Sip mbak bisa dicoba dirumah

      Hapus
  2. sayangnya fotone blur mbak..padahal pasti cantik banget dan menggugah selera

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..hehe, maklum ambil fotonya pake kamera hape siih...

      Hapus
  3. Enaaak...mantep mb Anggar...pedes juga, tuuh :)

    BalasHapus
  4. Aku sukanya ikan manyung, lebih maknyuss daging ikannya. Eh tapi selera ding, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikan manyung juga enak mba Wati...tapi kadang ada kadang enggak di bakul sayur langgananku...

      Hapus
  5. Kayanya aku bakalan sering.mampir sini deh. Secara suka bingun mo masak apa yummy tuh mangutnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aseek....ini hasil masakan sehari-hari kok mb Muna...
      makanya fotonya kurang oke...hiks

      Hapus
  6. kalau umumnya mangut itu lele ya, ini pake tongkol...wah mantab juga buat kudapan siang yang panas..palagi kalo ada es nya hahahhaii

    BalasHapus