Resep Kolak Candil Ketan

Halloo...Mommies....
Bikin cemilan apa hari ini?

Punya tepung beras ketan, punya pisang, ada gula jawa juga. Hmm...enaknya dibikin apa ya..
Ah, bikin kolak candil aja ah. Candil atau bulatan yang terbuat dari tepung ketan biasanya enak kalo dibuat jadi bubur. Tapi kali ini saya mau coba memadukan antara kolak dan bubur. Haha...Just try it. 

resep-kolak-candil-ketan


Resep Kolak Candil Ketan

Bahan :
200 gram tepung ketan
½  sdt garam
½  sdm air kapur sirih
175  ml air hangat
200  gram gula merah
3  buah pisang kapok, potong serong
500  ml santan
1  lbr daun pandan

Cara membuat :
  1. Aduk tepung ketan dan garam. Tambahkan air kapur sirih dan air hangat sambil diuleni. 
  2. Tuang santan ke dalam panci. Panaskan dengan api kecil, masukkan gula merah daun pandan.
  3. Masukkan pisang kapok yang sudah dipotong. Aduk-aduk santan supaya tidak pecah.
  4. Bulatkan adonan sebesar kelereng, masukkan ke dalam santan. Lakukan hingga adonan habis.
  5. Aduk santan hingga mendidih dan adonan matang.
  6. Kolak candil siap dihidangkan

Kolak candil ini resep ala ala Emak kece inih lho....*kibasin jilbab.

Selamat mencobaa....

17 komentar:

  1. ini aku jajanan kesukaanku dari kecil sampe sekarang.
    cuma belom pernah bikin sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh coba bikin sendiri lho mb Tia...

      Hapus
  2. warbiasahhh mb ika..hihii, bikin yang khusus kuliner ni, la aku....mmmmm aku paling males update blog aku yang khusus makanan aja...sebenere bukan makanan thok sih, tapi porsi kulinernya haruse lebih gede, cuma jarang takupdate

    itu bubur candil favorit banget pas aku masih balita dulu...sering dibikinin ibuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..ini kan demi dek...demii...demi apaaah..??
      kalo dulu dibikinin, sekarang coba dong bikinin makanan buat Ibuk...hayoo

      Hapus
  3. candil pake bubur sumsum tambah enak lho mak... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mb Santi...biasanya sih candilnya dibikin bubur..., kalo bubur dicampur bubur sumsum biasanya ditambah dengan kinca..

      Hapus
  4. siang-siang makan kolak candil mantap he, terimakasih resepnya

    BalasHapus
  5. Ini klo di jombang bubur srunthul namanya

    BalasHapus
  6. suamiku kalau makanan gini pinter aku cuma bisa bikin kue..nyobain aaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siiip...kudu nyoba, jangan kalah sama papih...hehe :D

      Hapus
  7. sedapnyooo mak ikaaa, bungkus satu yak..hehe

    BalasHapus