Resep Gehu Mercon

Hallo Mommies....
Sudah bikin cemilan apa untuk keluarga tercinta?

Anak-anak dan suami saya suka ngemil. Mereka kadang ubek-ubek kulkas, nyari apa aja yang bisa dimakan. Hihi...
Daripada beli, mending bikin sendiri di rumah. Selain hemat, tentu lebih sehat dong. Ngomongin cemilan, anak-anak kemarin request tahu isi taoge sayuran atau yang biasa disebut GEHU. Ada juga sih, yang nyebut Tahu Brontak. Kalau GEHU bikinan saya biasanya selalu saya bumbui pedas, biar nggak usah "nyeplus" atau lalap cabe lagi. Kata anak-anak, GEHU bikinan Bunda kayak ada merconnya. Hihi...karena GEHUnya  pedes banget. 

Mommies yang nggak suka pedas, boleh kok dikurangi cabenya atau nggak usah pakai cabe sama sekali. Mau nyontek resepnya? Boleeeh...

resep-gehu-super-pedas


Bahan-bahan  :
  • 10  buah tahu pong (khusus untuk Gehu)
  • 100  gram cambah atau taoge
  • 2  buah wortel, kupas lalu serut tipis
  • 2  batang daun bawang, iris halus
  • 2  batang sledri, iris halus
  • 6  lembar kol, iris tipis
  • 1  butir telur, kocok lepas
  • Minyak untuk menggoreng
Bumbu-bumbu yang dihaluskan  :
  • 2  butir bawang merah
  • 2  siung bawang putih
  • 7  buah cabai rawit merah
  • 3  buah cabai merah besar
  • 1  bungkus trasi udang (kemasan sekali masak, goreng dulu sebentar), bila suka (optional)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula pasir
  • 2 sdm minyak untuk menumis
Adonan tepung sebagai pelapis Tahu Isi  :
  • 150  gram tepung terigu
  • 50  gram tepung beras
  • irisan daun bawang 
  • 1/4 sdt garam halus
  • air untuk mengencerkan
Cara Membuat  Gehu Mercon  :  
  • Buat isian tahu. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan sayuran yang telah di iris, aduk. Tambahkan bumbu-bumbu, aduk rata. Tambahkan telur yang sudah di kocok lepas, aduk-aduk lagi hingga telur tercampur rata. Masak hingga sayuran layu.  
  • Belah tahu pong hingga separo bagian (untuk memasukkan isian). Masukkan isian ke dalam tahu pong. Kalo saya sih ngisinya penuh-penuh, biar puaaass. :D

resep-gehu-super-pedas
Ngisinya yang banyaak
  • Siapkan adonan tepung pelapis Tahu isi Seuhah. Encerkan dengan air. Jangan terlalu encer, jangan pula terlalu kental. Yang sedang-sedang aja...
  • Panaskan minyak dalam wajan, goreng Tahu Isi Seuhah hingga berwarna kecoklatan.
  • Gehu Mercon siap disantap.. Mau lalap pake rawit lagi, boleeeh. :D
resep-gehu-super-pedas
Siap santaaap


Gampang banget kan cara bikinnya?  Ngemil, yuuuk.

Selamat mencobaa...

4 komentar:

  1. Mba Ika rajin masak, aku rajin ngemil ih. Hihihiii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..mb Anggar...aku juga suka ngemil kok...

      Hapus
  2. waaa saya suka banget sama tahu isi dan gehu ini pasti mau langsung saya bikin besok..

    makasih resepnya ya mba Ika.., salam kenal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya...langsung praktek ya mb Zata..
      salam kenal diterima :)

      Hapus