Hai gaes,

Papua. Salah satu pulau terbesar yang terletak di ujung timur Indonesia. Aku belum pernah kesana, tetapi sering mendengar dan membaca cerita tentang keindahan alam di sana. Aku penasaran, tiap kali mendengar cerita tentang Papua. Konon disana keindahan alamnya masih perawan, belum banyak yang mengeksplor. 

Beberapa kali aku beruntung mendapatkan kesempatan traveling ke beberapa pulau dan kota di Indonesia. Tahun lalu, untuk pertama kalinya aku bisa menjejakkan kaki di bumi borneo yaitu di Balikpapan, Tarakan dan Banjarmasin. Lalu, aku juga berkesempatan mengunjungi bumi Sulawesi, tepatnya di kota Makassar. Kemudian bumi Sumatera, aku berkunjung ke kota Palembang. Di saat itu aku juga berkesempatan mengunjungi beberapa destinasi wisata. Yaah, meski belum semuanya tapi aku bahagia, setidaknya sepanjang umurku aku pernah menjejakkan kaki di bumi Indonesia lainnya. 

Meski begitu, aku masih punya keinginan untuk menjelajah bagian Indonesia lainnya seperti Aceh dan Papua. Terlepas dari konflik yang sedang terjadi di Papua, aku masih bermimpi untuk bisa mengunjungi Papua. Jiwa petualanganku seolah terusik ketika mendengar kata Papua. Inginku kembali menguji kekuatan kakiku untuk menjelajahi bumi Papua. 

Jika aku diberi kesempatan untuk menjelajahi Papua, aku ingin ke beberapa tempat seperti berikut ini :

Lembah Baliem 

pict source. ketahui.com

Lembah Baliem merupakan lembah yang berada di Pegunungan Jayawijaya. Suhu rata-rata di sana mencapai 10-15 derajat Celcius pada malam hari. Maklum saja, meskipun namanya lembah, tetapi wisata alam di Papua ini berada di ketinggian 1600 mdpl dan dikelilingi pegunungan. Jadi, kebayang dong betapa sejuknya suasana di sana, kan?

Lembah Baliem ini juga dikenal sebagai Grand Baliem Valley. Tempat ini merupakan tempat tinggal suku Dani. Mereka tinggal di Desa Wosilimo, yang berjarak sekitar 27 km dari Wamena. Tak hanya menyajikan panorama alam yang indah, kita juga bisa menikmati kegiatan tradisi yang disebut  sebagai Festival Lembah Baliem. Ferstival ini awalnya merupakan acara perang antar suku yang ada di sana, diantaranya suku Dani, Lani, dan Suku Yali sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan yang telah berlangsung turun temurun. 

Kayaknya asik juga kalo bisa melihat secara langsung bagaimana Festival Lembah Baliem berlangsung. Festival Lembah Baliem ini biasanya digelar tiap bulan Agustus. Waah, bisa nih direncanakan untuk traveling ke Papua. 

Raja Ampat 

pict source. indonesiakaya.com

Bisa dibilang, Papua itu identik dengan Raja Ampat. Di sinilah sepotong surga Papua itu berada. Kabupaten Raja Ampat terdiri dari gugusan pulau yang jumlahnya ratusan, dan diantaranya ada 4 pulau besar aitu pulau Waigeo, Misool, Batanta, dan Salawati. Salah satu tujuan wisata yang menjadi favorit wisatawan adalah pulau Misool, karena keindahan pantai pasir putihnya. 

Selain memiliki kekayaan alam bawah laut, Raja Ampat juga memiliki kekayaan lain yang tak kalah menarik. Pulau-pulau yang membentuk deretan tebing tinggi pun banyak terdapat di Raja Ampat. Bahkan, beberapa tempat seperti Piaynemo, Teluk Kabui, dan Wayag telah terkenal hingga ke seluruh dunia lebih dulu sebelum dikenal di dalam negeri. 

Raja Ampat kini sudah menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di dunia. Namun, karena akses yang terbatas, untuk menuju Raja Ampat memerlukan biaya yang tidak sedikit. Tetapi, kini kita tak perlu khawatir karena Raja Ampat sudah berbenah diri dengan menyediakan berbagai fasilitas untuk semua kalangan. Beberapa penginapan berbentuk resort mulai dari yang berharga mahal hingga motel kecil nan murah kini mudah kita jumpai di sana. Sebagai wisatawan, kita hanya perlu lebih bijak untuk menjaga kepulauan indah ini agar selalu terjaga supaya keindahannya dapat terus dinikmati hingga generasi-generasi berikutnya.


Danau Sentani

pict source. merahputih.com

Danau terluas di Papua ini terletak di lereng Pegunungan Cagar Alam Cyclop. Danau ini menyimpan keanekaragaman hayati yang luar biasa jumlahnya. Saat kita island-hopping ke beberapa pulau-pulau kecil di danau ini, kita akan menemukan berbagai macam fauna darat maupun laut yang unik. Selain itu kita juga akan dimanjakan oleh panorama alam yang sangat indah. Kita juga dapat menyaksikan secara langsung berbagai pohon, diantaranya pohon matoa, pohon pinang, hingga pohon kayu putih.

Taman Nasional Lorentz

pict.source. bobogrid.id

Wisata alam Papua memang tak berhenti membuatku berdecak kagum. Baru mendengar nama dan melihat gambarnya saja, aku sudah tak sabar untuk menjelajahi Taman Nasional Lorentz yang membentang di empat wilayah yaitu Kabupaten Jaya Wijaya, Kabupaten Paniai, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Fak-Fak.  Taman nasional dengan luas 2,4 juta hektar ini tetapkan sebagai taman nasional terbesar di Asia Tenggara. 

Destinasi wisata Indonesia ini bahkan masuk ke dalam situs warisan dunia UNESCO, loh. Taman Nasional Lorentz merupakan satu di antara tiga wilayah di dunia yang memiliki gletser di daerah tropis. Dijamin pemandangan alam dan keanekaragaman hayati di Taman Nasional Lorentz akan membuat kita terpesona. Aku ingin melihat dari dekat konservasi hutan Papua yang termasuk sebagai paru-paru dunia ini. 

Salah satu organisasi nirlaba yang concern terhadap kondisi hutan di Indonesia adalah Econusa. Yayasan EcoNusa menjembatani komunikasi antara pemangku kepentingan di wilayah timur Indonesia (Tanah Papua dan Maluku). Membaca visi misinya untuk terus menjaga kelestarian hutan di Indonesia, aku juga ingin turut terlibat di dalamnya. Terus menanam dan menjaga kelestarian alam bisa terus kita lakukan demi masa depan anak cucu kita, demi bumi kita tercinta. 

Papua memang mampu menyihir kita semua untuk memujanya. Beberapa destinasi yang kupilih merupakan tempat yang benar-benar ingin aku eksplor. Alasannya adalah karena aku suka bertualang di alam bebas. Aku ingin merasakan bagaimana bertualang menyusuri hutan Papua dan pantai-pantainya. Tuhan, ijinkan aku menyapa Papua dan menyentuhnya. 
Hai gaes,



Sekarang ini, listrik dapat dihasilkan dengan berbagai cara. Hanya saja, untuk mengolah energi menjadi sebuah listrik ini sendiri membutuhkan bantuan dari mesin sehingga nantinya listrik pun dapat tersedia dan dipakai untuk segala jenis aktivitas harian yang bermanfaat. Listrik pun juga menjadi salah satu hal utama yang wajib ada kapan saja dan dimana saja.

Maka dari itu, setiap hari suplai listrik ini harus selalu terpenuhi dan tak boleh berhenti begitu saja. Bagi tempat usaha seperti perkantoran atau gedung usaha, pasti juga membutuhkan konsumsi listrik dalam daya yang sangat besar. Hanya saja, mereka pun tak bisa terus bergantung pada listrik yang disuplai dari PLN saja karena sewaktu-waktu listrik dapat padam.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka kita pun dapat menggunakan panel surya sebagai solusi yang paling tepat. Panel surya ini sendiri adalah sebuah alat yang dipasang pada suatu bangunan atau gedung. Fungsinya adalah menangkap energi panas dari matahari untuk kemudian disimpan dan energi panas tersebut akan diubah menjadi tenaga listrik.

Dengan hadirnya panel surya ini, maka jika dalam satu waktu terjadi pemadaman listrik atau listrik mengalami kerusakan, maka kita pun hanya tinggal perlu menggunakan energi yang tersimpan di panel surya ini sebagai penyuplai listrik cadangan. Tentu hal ini akan sangat memudahkan kita apalagi bagi perusahaan besar.

Jika kita tertarik untuk memasang benda yang satu ini, maka salah satu penyedia panel surya terbaik dan berkualitas bisa kita dapatkan di https://sewatama.com/id/. Yap, disini kita akan mendapatkan panel surya untuk kemudia dipasang di bangunan yang kita miliki. Kualitas dan originalitas panel surya pun juga sudah terjamin disini.

Selain menjadi penyedia panel surya berkualitas, Sewatama juga melayani pemasangan panel surya tersebut dan akan memberi kita pelatihan untuk menggunakannya. Sehingga, sudah jelas jika pelayanan yang kita dapatkan pun sudah sangat lengkap. Apalagi, ditambah dengan harga penawaran yang paling murah di Indonesia. Jadi kita pun tidak akan kecewa dengan hasilnya.

sumber : asianet.id

Selama dua dekade menjamuri belantika musik Indonesia, kini nama Didi Kempot semakin hits dikalangan anak milenial. Merintis karir sejak tahun 1999, pemilik nama asli Dionisius Prasetyo ini konsisten melestarikan budaya Indonesia lewat lagu-lagu campursarinya. 

Sebagai seorang penyanyi sekaligus pencipta lagu campursari, Didi Kempot terbilang sangat konsisten menggandrungi genre musik campursari. Dari ratusan lagu yang diciptakan oleh Didi Kempot, tak terhitung berapa lagu hits yang berhasil memiliki tempat di hati para penggemarnya. 

Karir yang digelutinya selama dua dekade dan sukses membuat ambyar para penggemar akhirnya berbuah manis, namun rupanya karir seorang Didi Kempot tidak semudah membalikan telapak tangan. Banyak cerita memilukan yang dialami oleh Didi Kempot hingga akhirnya seniman itu sampai ke titik seperti sekarang ini. 

Didi Kempot, mengatakan “Awalnya saya memulai karir di dunia seni ini dari ngamen di trotoar. Dulu saya ngamen di Jogja sama di Solo. Sampai akhirnya saya dan teman-teman ngamen saya berangkat ke Ibu Kota Jakarta,” jelasnya.

Nama Kempot, ternyata berasal dari tempat ngamen yang mereka jalani dengan beberapa temannya. Pria yang memiliki julukan “The Godfather of Broken Heart” tersebut mengungkapkan bahwa kata Kempot singkatan dari “Kelompok Pengamen Trotoar”. 

“Kami biasanya ngamen di sekitaran trotoar-trotoar jalanan dan bundaran Slipi. Nah, dari situlah nama Kempot muncul,” ungkap pria asal Solo itu.

Meskipun berasal dari trotoar jalanan dan sekarang menjadi idola baru generasi milenial, Didi Kempot tidak akan pernah lupa darimana ia berasal dan tetap rendah hati dengan semua kesederhanaan yang ia punya. 

sumber : ayosemarang.com

Sebagai sosok musisi besar yang memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan, Didi selalu ingat pesan dari mendiang Mamiek Prakoso, sang kakak, agar tetap rendah hati dan juga terus konsisten dengan apa yang dijalaninya. 

“Alhamdulilah, karena pesan itu, hingga sekarang ini saya masih didukung oleh Sobat Ambyar, sampai bisa berdiri untuk menghibur mereka semua,” ucapnya. 

Berkat konsistennya Itu, Direktur Shopee Indonesia, yaitu Handhika Jahja, mengatakan alasanya memilih sosok Ikon generasi milenial seperti Didi sebagai brand ambassador-nya karena dinilai mempunyai visi dan misi yang sama dalam melestarikan budaya lokal.

“Konsistensi yang dimiliki Mas Didi untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, kami nilai mempunyai kesamaan dengan visi misi yang kami terapkan untuk keberagaman di tanah air,” terangnya.

Shopee pun resmi mengangkat Didi Kempot sebagai brand ambassador terbarunya sejak bulan Desember 2019 lalu. Setelah Didi Kempot menjadi bagian keluarga besar Shopee, ia akan turut memeriahkan kampanye Shopee tahun 2020. Seperti biasa, Shopee akan memberikan penawaran menarik dan promo spesial untuk para pengguna setia Ecommerce terbesar di Indonesia itu.

Sebagai sobat ambyar, aku pun lagi menanti konsernya Didik Kempot diadakan di Semarang, nih. Kan mayan, bisa ikutan nyanyi lagu-lagu ambyarnya. Siapa tahu bisa dikendangi juga sama mas Dory Harsa juga, hihi. Oh iya, buat kamu para sobat ambyar yang mau dolan dan jajan di Semarang, jangan lupa juga kulineran. Kalian bisa nyicipin kuliner gulai kepala ikan Pak Untung juga, loh. 

Ditunggu ya kedatangan kalian.


pict source. watyutink

Beberapa tahun lalu seorang teman yang tinggal di Papua mengirimkan sebuah foto destinasi wisata paling indah yang ada di sana. Pasti kalian sudah bisa menebaknya. Yups, Raja Ampat. Jiwa kelayapanku langsung meronta begitu melihat fotonya. Jadi pengen kesana, dong. Sayangnya untuk sampai kesana aku harus menyiapkan dana dan waktu yang tidak sedikit *lalu giliran jiwa misqueenku yang meronta. Pak menteri, tolong turunin harga tiket pesawat doong. 

Selain punya destinasi wisata, Papua juga dikenal sebagai pulau penghasil mineral yang kaya. Kalian tahu Freeport kan? Sudah 50 tahun lebih, salah satu perusahaan tambang terbesar di dunia itu beroperasi di sana, tepatnya di kabupaten Mimika. 

Terlepas dari semua pro kontra yang menyertainya, aku nggak mau bahas bagian itu. Aku mau bahas hal-hal positifnya aja, bagaimana Freeport berkontribusi terhadap pemerintah dan masyarakat Papua. 

Apa aja sih kontribusi Freeport Indonesia buat masyarakat Papua? 

Pembangunan Infrastruktur

pict source. website offiial PTFI

PT Freeport Indonesia telah melakukan pengembangan infrastruktur dasar di Kabupaten Mimika. Pembangunan infrastruktur ini diharapkan bisa memberikan dampak bagi peningkatan kualitas hidup masyarakat lokal. 

Berbagai sarana dan prasarana yang dibangun antara lain di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan sarana umum yang bertujuan mendukung akses pelayanan dasar yang layak bagi masyarakat Papua. Selain itu juga untuk mempercepat proses penyerapan manfaat kegiatan pengembangan masyarakat, serta untuk mendukung keberlanjutan dari manfaat program tersebut bagi masyarakat lokal. 

Tak hanya di dataran tinggi, pembangunan infrastruktur tersebut juga dilakukan di dataran rendah. 

Pembangunan Ekonomi

pict source. instagram PTFI

PT Freeport Indonesia bekerjasama dengan LPMAK terus memacu pertumbuhan ekonomi agar dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat. Dalam pembangunan ini, PTFI dan LPMAK memberikan perhatian pada program perikanan, peternakan, pertanian, serta ketahanan pangan. Selain itu PT Freeport Indonesia juga memberi dukungan terhadap sistem ekonomi dan program ekonomi altenatif, dan melakukan kerjasama dengan pihak lain.

Tujuan pembangunan ekonomi bagi masyarakat lokal adalah agar masyarakat mampu mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh lingkungan mereka tanpa meninggalkan kearifan lokal. Berikut beberapa program pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh PT Freeport Indonesia :

  • Program Perikanan
    Pada tahun 2009, PT Freeport Indonesia mulai melaksanakan program perikanan tangkap dengan melibatkan LPMAK dan Koperasi Maria Bintang Laut (KMBL) dari Keuskupan Timika. PT Freeport Indonesia juga memberikan pendampingan dan dukungan transportasi dan sumber daya manusia melalui tim Program Pendampingan dan Pengembangan Masyarakat Lima Desa (P3MD).
  • Program Peternakan
    Program peternakan diawali dengan warga masyarakat yang dengan sukarela pindah dari tempat tinggal mereka di dataran tinggi ke dataran rendah. Program peternakan dilaksanakan di dua desa yaitu desa Wangirja dan desa Utikini. Tujuannya adalah untuk meningkatkan ketrampilan beternak bagi masyarakat di dua desa tersebut.
  • Program Pertanian dan Ketahanan Pangan
    Program ini bertujuan melakukan pendampingan untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada msyarakat untuk membudidayakan tanaman komersial dengan memanfaatkan lahan yang mereka punya.
    Untuk mencapai ketahanan pangan, dilakukan pengembangan kebun sagu di kampung Nayaro berbasis kearifan lokal.
    Program pertanian dataran rendah dikembangkan program pemanfaatan lahan pekarangan, dengan cara menanam berbagai jenis tanaman holtikultura seperti sayur, buah hingga ketela.
    Program Wanatani dan Holtikultura, diberikan kepada warga yang tinggal di dataran tinggi Amungme yang fokusnya kepada budidaya kopi Amungme, tanaman holtikultura dan tanaman pangan. 

Program Pembinaan UMKM


pict source. instagram PTFI
Program pembinaan UMKM ini bertujuan untuk mendukung pembangunan ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan potensi sumberdaya alam di sekitar mereka dengan cara mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki masyarakat dan disesuaikan dengan kearifan lokal masyarakat setempat.

PT Freeport Indonesia bersama LPMAK terus melakukan pendampingan kepada masyarakat agar mampu mengembangkan potensi yang mereka miliki untuk memacu pertumbuhan ekonomi. Pembinaan usaha mikro kecil dan menengah hingga pemberian dana bergulir juga dilakukan untuk mengembangkan kegiatan ekonomi masyarakat lokal dan pendampingan kepada pengusaha yang berpotensi.

Program Kesehatan

pict source. ptfi.co.id
PT Freeport Indonesia membangun Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) dan Rumah Sakit Waa Banti (RSWB) yang didirikan dengan menggunakan Dana Kemitraan PTFI. RSMM ini dioperasikan oleh Yayasan CaritasTimika Papua (YCTP), sedangkan RSWB dioperasikan oleh International SOS. Keberadaan dua rumah sakit ini untuk melayani kesehatan masyarakat yang berada di dataran rendah dan dataran tinggi.

RSMM ini merupakan rumah sakit tipe C yang menyediakan pelayanan bedah, penyakit dalam, kebidanan, dan anak serta kunjungan reguler spesialis mata. RSMM juga dilengkapi dengan peralatan penunjang medis yang canggih untuk mendukung pelayanannya kepada masyarakat lokal.

Selain menyediakan fasilitas kesehatan, PTFI dan LPMAK juga secara aktif meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dengan membantu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Selain itu, masyarakat juga didorong untuk selalu mempraktekkan pola hidup bersih dan sehat.

Program kesehatan yang dilakukan oleh CPHMC dan LPMAK berfokus pada Kesehatan Ibu dan Anak, Pengendalian Malaria, Pengendalian HIV & AIDS, Pengendalian TB, dan Air bersih dan Sanitasi.

Aaah, ternyata banyak banget yang sudah dilakukan oleh PT Freeport Indonesia untuk masyarakat Papua ya. Aku belum menuliskannya semua, loh. Aku yakin, kontribusi yang diberikan oleh PT Freeport Indonesia memberi manfaat bagi masyarakat Papua sehingga banyak warga Papua yang tersenyum bahagia.

Semoga suatu saat nanti aku bisa ke Papua, supaya bisa melihat secara langsung kontribusi Freeport Indonesia kepada masyarakat Papua.

sumber referensi :
- website official PTFI  
Kamu ingin mendapatkan beasiswa kuliah baik itu di dalam maupun di luar negeri? Tenang, keinginan kamu itu bukan hanya sekedar impian belaka kok. Untuk mewujudkan impianmu mendapatkan beasiswa dalam maupun luar negeri, kamu harus memiliki dokumen ajaib, yaitu sertifikat Bahasa Inggris. 

Dokumen ajaib ini terdapat 3 jenis, yang mana dari masing-masing jenis ini memiliki kegunaan yang berbeda-beda. Ketiga dokumen ajaib tersebut adalah TOEFL, IELTS, dan TOEIC. Ketiga dokumen ajaib ini merupakan sertifikat Bahasa Inggris resmi yang berlaku secara Internasional. 

Ketiga sertifikat ini dapat kamu miliki dengan sebelumnya kamu harus mengikuti tes Bahasa Inggris di lembaga kursus yang sudah berlisensi. Maksudnya adalah bahwa lembaga kursus Bahasa Inggris yang menyelenggarakan tes adalah lembaga yang benar-benar memiliki kewenangan legal.

Berikut ini penjelasan dari ketiga jenis sertifikat diatas, pertama TOEFL. Sertifikat ini merupakan sertifikat yang paling banyak digunakan untuk syarat masuk universitas, beasiswa maupun untuk bekerja. Sertifikat ini berguna untuk kamu yang ingin mendapatkan beasiswa melanjutkan pendidikan ke negara-negara yang menggunakan Bahasa English-American sebagai Bahasa resmi.

Sertifikat Bahasa Inggris di Indonesia yang kedua adalah IELTS. IELTS cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan beasiswa sekolah atau kuliah ke negara-negara yang menggunakan Bahasa English-British sebagai Bahasa resminya. IELTS terbagi menjadi 2 yaitu Academic Version dan Training Version. 

Untuk para pemburu beasiswa membutuhkan yang Academic Version karena lebih banyak menggunakan istilah-istilah Bahasa Inggris yang digunakan untuk kebutuhan akademis. Berbeda dengan kedua sertifikat di atas, sertifikat ketiga ini lebih dikhususkan untuk pekerja. Dan sertifikat Bahasa Inggris yang ketiga adalah TOEIC. TOEIC sendiri adalah sertifikat Bahasa Inggris yang dikhususkan untuk kamu yang ingin bekerja di luar negeri. 

Karena TOEIC lebih fokus pada kemampuan untuk berkomunikasi internasional bukan komunikasi secara akademik. Jenis tes dari TOEIC adalah terdiri dari listening dan reading. Jika disimpulkan, dokumen ajaib yang harus dan wajib dimiliki oleh para pemburu beasiswa adalah TOEFL dan IELTS.





Haii gaeess,

Banyaknya destinasi menarik di kota penuh sejarah ini membuat hotel di Cirebon yang ekstra mewah terasa kurang esensial, karena yang terpenting adalah kenyamanan setelah seharian menjelajahi peninggalan-peninggalan bersejarah di kota Cirebon. Setuju, kan?

Cirebon yang merupakan kota pelabuhan di utara provinsi Jawa Barat ini nggak terlalu jauh dari Jakarta, hanya sekitar 297 km. Jadi, selain sebagai destinasi turis-turis jauh, warga Jakarta yang lelah dengan hiruk-pikuk kehidupan yang ramai pun bisa kabur ke sini untuk berlibur sembari memupuk wawasan masa lalu.

Di tengah-tengah kota Cirebon  ada dua istana bersejarah ternama, Keraton Kasepuhan dari abad ke-16 dan Keraton Kanoman dari abad ke 17. Di antara keduanya terdapat Masjid Agung Sang Cipta Rasa Kasepuhan dari abad ke-15.

Nah, setelah puas berkeliling kota Cirebon, langsung aja istirahat di Airy Rooms Cirebon! Booking hotel online super mudah, murah, dan terjamin aman. Masalah bujet nggak perlu khawatir, karena Airy sudah menyediakan pilihan-pilihan kamar yang super terjangkau untukmu. Simak ulasannya di bawah ini.

Airy Syariah CSB Arya Banga 8 Cirebon

Istirahat di Airy Syariah CSB Arya Banga 8 Cirebon nggak butuh bujet lebih dari 200 ribu! Dengan harga super terjangkau itu, kamu sudah bisa menikmati fasilitas kamar lengkap, menginap di sini pun dekat ke mana-mana, termasuk ke tiga destinasi wisata besar seperti Keraton Kanoman (1.7km), Keraton Kasepuhan (2.3km), dan Gunung Ciremai National Park (24.6km).

Kalau sudah di Cirebon, jangan lupa nginap di sini, ya!



Alamat Airy Syariah CSB Arya Banga 8 Cirebon: Jl. Arya Banga No.8, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131, Indonesia.

Airy Syariah CSB Garuda Raya 20 Cirebon
Booking hotel di Cirebon online lewat Airy App, yuk! Kamar dengan fasilitas lengkap ini cuma 160 ribuan aja per malamnya. Asyiknya, Airy Syariah CSB Garuda Raya 20 Cirebon ini sering dipuji-puji karena lokasinya yang dekat dengan stasiun. Cocok banget buat kamu, hematers!

Alamat Airy Syariah CSB Garuda Raya 20 Cirebon:  Jl. Garuda No.20, Pekiringan, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45131, Indonesia

Airy Eco Grage Cangkring Tengah 22 Cirebon
Selain menjelajahi sejarah-sejarah menarik di Cirebon, kalau kamu memilih menginap di Airy Eco Grage Cangkring Tengah 22 Cirebon, kamu bisa langsung menikmati kuliner asyik seperti Blankon Jamblank, Strawberry Delight, Toko Roti Ruby, dan tidak kalah serunya, Baraja Coffee buat kamu-kamu yang kekinian.

Yuk, langsung booking hotel di Cirebon online, nggak lebih dari 160 ribuan! 
Alamat Airy Eco Grage Cangkring Tengah 22 Cirebon : Jl. Cangkring Tengah No.22, Kejaksan, Kota Cirebon, Jawa Barat 45123, Indonesia

Begitulah keseruan pilihan kamar super terjangkau dari Hotel di Cirebon milik Airy. Kalau kamu pencinta traveling atau lagi mengalokasikan waktu khusus untuk berlibur, tenang aja, Airy memiliki pilihan akomodasi super lengkap dan nyaman di seluruh penjuru nusantara. Ada lebih dari 5000 kamar yang tersebar di 72 kota di seluruh Indonesia untuk kamu nikmati.

Tidak hanya penginapan, tiket pesawat juga bisa langsung dibeli dari aplikasi yang satu, yaitu Airy App. Pemesanan tiket pesawat ataupun hotel bisa langsung kamu lakukan lewat website airyrooms.com atau Airy App yang bisa di-install di Google Play Store atau App Store.
Kabar baiknya lagi, Airy itu super terjangkau dan tetap mengedepankan kenyamanan dan kemanan. 

Selain itu, banyak juga promo yang bisa kamu gunakan, lho!
Yuk, booking hotel online di Airy App sekarang juga. Untuk sekarang, langsung aja booking hotel di Cirebon untuk liburan sambil memperkaya wawasan!



Suatu hal yang wajar apabila sebagai orang tua Anda khawatir dengan kondisi kesehatan anak Anda. Terlebih anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang masih rentan sehingga lebih mudah menderita suatu penyakit. Penyakit tersebut perlu ditangani segera agar tidak menjadi semakin parah dan mengganggu proses tumbuh kembang sang anak. Tak terkecuali penyakit flu yang seringkali diremehkan meski sebenarnya sangat mengganggu kehidupan anak-anak. Lalu, bagaimanakah cara mencegah penyakit flu pada anak? Sebelum mengetahui beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah flu pada anak, kunjungi terlebih dahulu link berikut www.goapotik.com/promo/obat-pilek-untuk-bayi-yang-aman ya.

Selalu Siapkan Tissue
Tissue jadi salah satu barang yang wajib hadir di setiap rumah. Adanya tissue bisa membantu kita untuk mengeringkan dan membersihkan perabot rumah secara praktis. Selain itu, tissue yang sudah dipakai juga bisa langsung dibuang sehingga Anda tidak perlu repot lagi untuk membersihkannya setelah digunakan.

Tidak hanya berguna sebagai alat untuk membersihkan rumah saja, tissue juga bisa Anda manfaatkan untuk mencegah penyebaran penyakit Flu di rumah Anda. Ya, setelah ada salah satu anggota keluarga yang mengalami flu, maka membersihkan sisa lendir dengan menggunakan tissue merupakan cara yang paling praktis. Setelah itu, jangan lupa untuk langsung membuang tissue yang telah digunakan karena tissue bekas flu yang telah Anda gunakan bisa menjadi medium penyebaran penyakit flu di rumah Anda.

Atur Pola Hidup Sehat
Penyakit flu mungkin seringkali dianggap sepele oleh banyak orang. Karena, flu bisa dengan mudah disembuhkan dan membutuhkan proses penanganan yang tidaklah sulit. Akan tetapi, bukan berarti flu bisa disepelekan begitu saja karena adanya penyakit flu akan menghambat aktivitas Anda sehari-hari hingga mengharuskan Anda untuk bedrest total.

Flu yang menyerang tubuh Anda sebetulnya bisa dicegah atau diatasi melalui sistem kekebalan atau sistem imun tubuh manusia. Sayangnya, tidak semua sistem imun dalam tubuh bekerja secara optimal apalagi kalau Anda memiliki pola hidup yang buruk. Agar sistem imun bekerja secara maksimal dan menghalau penyakit flu, sebaiknya atur pola hidup sehat setiap hari dengan cara rajin berolahraga dan mengonsumsi asupan nutrisi yang berkualitas.

Kebiasaan baik diatas bisa membantu mencegah kehadiran flu pada anak Anda. Selain itu, biasakan juga untuk mempersiapkan selalu obat-obat yang dibutuhkan oleh anak-anak. Seperti obat sirup demam berdarah anak yang bisa didapat dengan mudah di apotik terdekat di Goapotik.